Ebook Keterangan Ringkas Tentang Program Maksimum - Tan Malaka 1948


Judul Ebook : Keterangan Ringkas Tentang Program Maksimun

Tebal Ebook : 28 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Beberapa teman mengusulkan, supaya supaya diberikan keterangan tentang Program Maksimum. Kami merasa perlu memberikan keterangan itu. Cuma beberapanya keterangan itu harus diberikan pada tingkat perjuangan kita sekarang. 

Benar kita percaya, bahwa menuntut Materialisme dalam sejarah (historical materialism), maka masyarakat dunia seluruhnya bergerak menuju ke jaman sosialisme. Kita seterusnya percaya pula, bahwa kalau kelak lantai sosialisme sudah diletakkan buat seluruhnya dunia (atau sebagaian besarnya dunia kita ini!) maka masyarakat kita akan bergerak menuju ke jaman Komunisme. 

Tetapi beberapa lamanya gerakan masyarakat kita sekarang ke masyarakat sosialisme itu harus berlaku (apakah lagi beberapa lamanya gerakan masyarakat sosialisme-komunisme), serta bagaimana bentuk dan corak gerakan itu menurut tempat dan tempo seorangpun tak dapat meramalkan lebih dulu. Cuma praktek sejarahlah kelak yang dapat membuktikannya. 

Yang sudah agak lebih kita ketahui ialah: bahwa di jaman sosialisme, maka semua sumber penghidupan dalam masyarakat sudah dimiliki, dikendalikan dan dikerjakan oleh masyarakat pekerja itu sendiri. Pada tingkat sejarah ini hak milik dan kekuasaan kaum borjuis-kapitalis sudah dibatalkan. Tetapi dalam masyarakat ini masih berlaku undang-undang pergaulan yang berbunyi: (1) seorang pekerja menerima upah yang sama buat hasil kerja yang sama dan (2) siapa yang tiada kerja tiadalah pula akan diberi makan.

Di jaman komunisme, bilamana sumber penghidupan tetap dimiliki, dikendalikan dan dikerjakan oleh masyarakat pekerja itu, berlakulah undang-undang pergaulan: Setiap orang bekerja (sendirinya) menurut kecakapannya dan setiap orang mempergunakan sesuatu menurut keperluan hidupnya.

Syahdan, maka menurut ajaran Marx dan Lenin, pada permulaan jaman sosialisme, negara (state) dengan alat pemaksanya, ialah tentara, polisi, pengadilan dan algojo masih tetap ada. Tetapi di jaman peralihan, yang terletak antara jaman sosialisme dan komunisme, maka negara dengan alat pemaksanya itu semakin lama semakin lajur. Di jaman komunisme yang dimulai berhentinya/dengan berhentinya jaman sosialisme, maka berakhirlah, lenyaplah negara dengan alat pemaksanya itu.






 BACA ONLINE | Tan Malaka
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments