Ebook Pemikiran dan Aksi Pendidikan Tan Malaka - Fridiyanto


Judul Ebook : Pemikiran dan Aksi Pendidikan Tan Malaka

Tebal Ebook : 27 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Tan Malaka, seorang bapak bangsa yang menghabiskan hidupnya untuk menuju Republik Indonesia. Republik yang dimaksud Tan Malaka adalah sebuah negara yang seratus persen mengatur diri sendiri, mengatur perekonomian sendiri, politik yang bebas menegakkan demokrasi, serta martabat bangsa sejajar dengan negara-negara lain.

Tan Malaka sebagai ahli propaganda, politikus, dan sebagai seorang pendidik rakyat sangat ditakuti oleh pemerintah Hindia Belanda, dikarenakan proses penyadaran progresif revolusioner dilakukan terus menerus untuk memperkuat kesadaran rakyat.

Tan Malaka merupakan ancaman berbahaya bagi pemerintahan kolonial, karena Tan Malaka dianggap menganggu ketertiban umum dengan berbagai kegiatan politik dan kegiatan pendidikan untuk rakyat. Pendidikan harus sebagai proses mewujudkan peserta didik menjadi orang baik dan bajik yang akan memberi kekuatan kepada peserta didik. Karena itulah pendidikan akhlak harus menjadi tujuan utama selain pendidikan keterampilan hidup, pergaulan sosial, dan tanggung jawab sosial. Rakyat Indonesia belajar memberi nilai yang tepat pada moral mereka dan bersumbangsih bagi peradaban bangsa Indonesia.

Jauh sebelum pendidikan keterampilan belum dikembangkan di Nusantara, Tan Malaka sangat menekankan bahwa pendidikan anak-anak tidak hanya sebatas kognitif, seperti mempelajari Sejarah, Ilmu bumi, dan Ilmu hitung yang sangat ditekankan di sekolah-sekolah Eropa pada masa itu. Tan Malaka memandang bahwa sebuah kewajiban untuk menanamkan etos kerja, dan keterampilan praktis yang akan menimbulkan rasa mencintai kerja kepada pribumi, dan seharusnyalah pendidikan memberikan nilai tambah.

Berbicara konsep pendidikan kritis, emansipatoris, dan praksis biasanya lebih dikenal sosok Paulo Freire. ”Pendidikan Kaum Tertindas” dan ”Gerakan Kebudayaan untuk Kemerdekaan”, ”Politik Pendidikan”, adalah buku karangan Paulo Freire yang terus dipelajari peminat dan penggerak pendidikan emansipatoris. Ketika berbicara tentang sejarah pendidikan di Indonesia, Ki Hajar Dewantara selalu menjadi tokoh utama. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa Tan Malaka juga aktif dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia, dan telah lebih dulu memiliki konsep pendidikan kritis, emansipatoris, dan praksis. Tan Malaka tidak hanya terjebak dalam filsafat dan teori-teori pendidikannya, tetapi terlibat aktif dalam memperjuangkan pendidikan rakyat sebagai media penyadaran pembebasan dari penindasan kolonialisme.






 BACA ONLINE | Tan Malaka
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments