Ebook Tan Malaka, Revolusi Indonesia Terkini - Faisal dan Firdaus Syam


Judul Ebook : Tan Malaka, Revolusi Indonesia Terkini

Tebal Ebook : 14 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Indonesia berbeda dengan revolusi proletar di Jerman, Inggris dan Amerika yang penduduknya sebagian besar berasal dari kaum buruh. Oleh sebab itu, bila dibanding dengan buruh barat, maka, baik secara kualitas dan kuantitas buruh Indonesia masih jauh tertinggal. Revolusi Indonesia hanya bisa dilakukan oleh rakyat Indonesia yang terdiri dari petani, buruh, masyarakat miskin, kelas menengah dan kaum tertindas lain yang disebutnya sebagai kaum murba. 

Adapun, cita-cita Tan Malaka setelah revolusi usai dan Indonesia merdeka, maka Indonesia menjadi republik dan menata negaranya sendiri. Yaitu negara yang berdaulat atas negara sendiri, rakyat hidup sejahtera, tidak ditindas negara bekas kolonial atau kapitalis, dan menjadi tuan di negeri sendiri, baik di bidang ekonomi maupun politik.

Sementara, secara ekonomi, ia menginginkan terjadinya nasionalisasi terhadap perusahaan asing yang pernah beroperasi di Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan membangun industri-industri baru yang dikelola sendiri. Untuk ekonomi kerakyatan, ia akan mendirikan koperasi, memberikan bantuan berupa kredit murah, alat dan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan para petani. Sebab, rakyat tidak bisa dilepaskan begitu saja dalam mengembangkandan memajukan perekonomiannya --- negara harus ikut berperan dalam hal ini. Selanjutnya dalam bidang politik, ia berkeinginan agar Indonesia segera merdeka dantak terbatas --- yakni, memberikan hak politik sebesar-besarnya kepada rakyat Indonesia dalam melakukan kegiatan politik, baik dalam berpartai dan menyampaikan pendapat. 

Kenyataan itu yang membedakan antara pemikiran Tan Mala- ka dengan tokoh komunis lainnya. Padahal, komunisme tidak menerima pikiran orang lain, penyanggahan terhadap persamaan manusia, dan interpretasi ekonomi dalam sudut pandang sejarah (economic interprestation of history). Oleh karena itu, mereka tidak segan-segan melakukan penipuan, pengkhianatan dan pembunuhan untuk melenyapkan lawan-lawan politiknya meski pun berasal dari partainya sendiri. Sementara Tan Malaka sangat menjunjung tinggi paham HAM dengan melarang pemerintah melakukan penin- dasan terhadap rakyat dan memberikan ruang






 BACA ONLINE | Tan Malaka
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments