Ebook Anti Duhring - Frederick Engels


Judul Ebook : Anti Duhring

Tebal Ebook : 497 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Karya berikut ini sama sekali tidak berasal dari suatu dorongan kalbu. Ketika tiga tahun yang lalu Herr Dühring, sebagai seorang penyadur dan sekaligus reforman sosialisme, tiba-tiba meluncurkan tantangan- nya pada abad ini, para teman di Jerman berulang-kali mendesakkan keinginan mereka agar aku melakukan uji kritis atas teori sosialis baru ini di dalam organ sentral Partai Sosial-Demokratik, pada waktu itu Volkstaat. Mereka menganggap hal ini mutlak perlu untuk mencegah suatu perpecahan baru dan kebingungan sektarian di dalam Partai, yang masih begitu muda dan yang baru saja mencapai kesatuan yang menentukan. 

Mereka berada dalam suatu kedudukan yang lebih baik daripada diriku untuk menilai situasi di Jerman itu, dan oleh karenanya aku tidak-bisa-tidak mesti menerima pandangan mereka itu. Lagi pula, telah menjadi jelas bahwa pengubah baru ini mendapat sambutan sebagian pers sosialis dengan kehangatan yang semata-mata ditujukan pada iktikad-baik Herr Dühring, tetapi yang pada waktu bersamaan juga menandakan bahwa dalam bagian pers Partai ini terdapat iktikad-baik, justru karena iktikad-baik Herr Dühring, untuk juga menerima, tanpa pemeriksaan apapun, doktrin Herr Dühring itu. Di samping itu terdapat orang-orang yang sudah bersiap-siap menyebarkan doktrin ini dalam bentuk populer di kalangan kaum buruh. Dan akhirnya, Herr Dühring dan sektenya yang kecil sedang menggunakan segala keahlian periklanan dan intrik untuk memaksa Volkstaat mengambil suatu sikap tertentu dalam hubungan dengan doktrin baru itu, yang telah mengedepan dengan dalih-dalih yang begitu hebat.

Sekalipun begitu, telah berlalu satu tahun sebelum aku dapat memutuskan untuk mengabaikan pekerjaan lain dan menghadapi buah apel pahit ini. Ini jenis apel yang, sekali kita menggigitnya, mesti dihabiskan sampai tuntas; dan apel itu tidak saja sangat masam, tetapi juga sangat besar.Teori sosialis baru itu dikemukakan sebagai buah praktek terakhir dari suatu sistem filosofi baru. Karenanya menjadi perlu memeriksanya dalam kaitannya dengan sistem ini; dan dalam melakukan itu, memeriksa sistem itu sendiri dan karenanya aku terpaksa mengikuti Herr Dühring ke dalam wilayah yang sangat luas, di mana dibahasnya segala hal yang mungkin dan mengenai hal-hal lain pula. Itulah menjadi asal-usul serangkaian karangan yang muncul dalam Vorwärts Leipzig, penerus dari Volkstaat, dari awal tahun 1877 dan seterusnya dan disajikan di sini sebagai suatu kesatuan yang berangkaian.

Dengan demikian adalah karena sifat obyek itu sendiri yang memaksa kritik itu sampai ke dalam rincian-rincian yang sedemikian rupa hingga sepenuhnya di luar proporsi dengan kandungan ilmiah obyek ini, yaitu, tulisan-tulisan Dühring. Tetapi ada dua pertimbangan lain yang mungkin dapat memaafkan pembahasan yang panjang lebar ini. Di satu pihak kritik ini memberikan kesempatan padaku, sehubungan dengan keaneka-ragaman subyek itu sendiri yang mesti disinggung di sini, kesempatan untuk menguraikan –dalam bentuk positif– pandanganku mengenai masalah-masalah kontroversial di berbagai bidang yang dewasa ini mempunyai makna ilmiah yang sangat umum atau praktis.

Dan ini telah dilakukan dalam setiap bab tersendiri, dan sekalipun karya ini sama sekali tidak bertujuan untuk menyajikan sebuah sistem lain sebagai sebuah alternatif pada sistem Herr Dühring, namun diharapkan bahwa para pembaca tidak akan luput melihat antar-kaitan yang juga terkandung  dalam berbagai pandangan yang telah kuajukan. Aku sudah mempunyai cukup bukti bahwa dalam hal ini karyaku tidak sama sekali tanpa guna.






 BACA ONLINE | Frederick Engels
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments