Ebook Hikayat Ganja Nusantara - LGN Team


Judul Ebook : Hikayat Ganja Nusantara (Pengantar)

Tebal Ebook : 9 Halaman

Bahasa          : Indonesia

Jumat, 20 Februari 2015 di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjo Soemantri (PKKH) Universitas Gajah Mada, Daerah Istimewa Yogyakarta, LGN mengadakan diskusi terbatas mengenai Hikayat Ganja Nusantara. Kajian ini sudah lama menjadi agenda riset LGN karena alasan yang begitu sangat mendasar; menemukan ganja dalam kebudayaan nusantara. Pepatah mengatakan, siapa yang mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya. Sebagai organisasi yang bermodalkan Pancasila, kajian ini adalah pondasi.

Kajian Hikayat Ganja Nusantara akan dipimpin langsung oleh mantan Ketua Divisi Advokasi LGN, Peter Dantovski. Di hari dan tempat yang sama, Ketua LGN juga mengeluarkan maklumat pengangkatan Peter Dantovski sebagai Pimpinan Yayasan Sativa Nusantara yang baru saja disahkan oleh Kemenkumham 3 Februari 2015 lalu. Dengan itu, Divisi Advokasi akan di ambil fungsinya oleh Yayasan Sativa Nusantara.

Hikayat Ganja Nusantara diinspirasi oleh Buku Hikayat Pohon Ganja (HPG). Buku HPG yang akan LGN hentikan penerbitannya dari Gramedia menginformasikan berjuta data mengenai peradaban ganja di dunia, namun tidak ada satupun kajian yang berasal dari tanah air Indonesia. Apakah ini berarti nusantara tidak mengenal pohon ganja? Kami pikir tidak. Tidak mungkin daerah yang kondisi geografisnya begitu subur tidak didiami pohon ganja. Selain itu, ganja juga selalu menempati posisi istimewa hampir di setiap peradaban manusia.

Terdapat beberapa fakta menarik yang berhasil kami kumpulkan seperti; Di Aceh, biji ganja digunakan sebagai bumbu masak. Di Padang, daun ganja disumpal ke hidung untuk mengobati mimisan. Di jawa, kita menemukan istilah ganja dalam anatomi keris. Di Sulawesi, terdapat istilah Taiganja sebagai liontin yang diberikan pada calon pengantin wanita. Di Gunung Penanggungan, kami menemukan relief yang menyerupai daun ganja. Apakah ini semua ada kaitannya dengan tanaman ganja ? atau jangan-jangan hanya kebetulan semata dan tidak ada kaitannya dengan ganja ?

Izinkanlah kami merangkai cerita tentang peradaban ganja di tanah air nusantara dan dengan itu harapannya kita tidak menjadi asing lagi dengan pohon yang baru 30 tahun terakhir dikriminalkan oleh Republik Indonesia. Apabila saudara-saudara tertarik, silahkan download e-book Pengantar Hikayat Ganja Nusantara.






 BACA ONLINE | LGN
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments