Ebook Jalan Menuju Perbudakan - Frederic A. Hayek


Judul Ebook : Jalan Menuju Perbudakan

Tebal Ebook : 328 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Ketika seseorang yang secara profesional mendalami bidang kajian sosial menulis sebuah buku politik, kewajiban pertamanya adalah secara terbuka mengakui hal ini. Ini adalah sebuah buku politik. Saya tidak ingin menutup-nutupinya dengan nama lain yang lebih anggun dan ambisius, seperti yang bisa saja saya lakukan dengan menyebutnya sebuah esai filsafat sosial. Tetapi, apa pun namanya, yang tetap terpenting adalah bahwa semua yang saya katakan berasal dari nilai-nilai pamungkas tertentu. Buku ini saya harapkan mampu menunaikan tugas kedua yang tak kalah pentingnya, yakni, menjelaskan secergas mungkin nilai-nilai pamungkas yang mendasari seluruh argumennya. 

Namun ada satu hal yang ingin saya tambahkan. Meskipun buku ini adalah buku politik, saya bisa pastikan bahwa seluruh kepercayaan yang ditegaskan buku ini tidak terpengaruh oleh kepentingan-kepentingan pribadi saya. Tidak ada alasan bagi saya untuk mengambil keuntungan yang lebih besar dari yang bakal dinikmati mayoritas bangsa di negeri ini dari tipe masya- rakat yang menurut saya diperlukan. Kenyataannya, saya selalu diberitahu oleh para kolega sosialis saya bahwa, sebagai seorang ekonom, saya bakal menduduki posisi yang jauh lebih penting di dalam tipe masyarakat yang saya lawan, asalkan, tentu saja, saya bersedia menerima berbagai pandangan mereka. Saya juga sangat yakin bahwa penentangan saya terhadap berbagai pandangan itu timbul bukan karena pandangan-pandangan itu berbeda dariyang sudah saya kenal semenjak muda, melainkan justru karena berbagai pandangan itulah yang saya pegang sebagai seorang muda dan yang telah mendorong saya menjadikan kajian ekonomi sebagai profesi saya. 

Bagi mereka yang, menurut kecenderungan masa kini, mencari berbagai motif kepentingan di dalam setiap profesi yang mengharuskan orang menyatakan sebuah pendapat politik, mungkin saya dapat diizinkan untuk menambahkan bahwa saya punya cukup alasan yang bisa diajukan untuk tidak menulis atau menerbitkan buku ini. Buku ini pasti menyerang banyak orang yang ingin saya ajak bersahabat dalam kehidupan ini; buku ini telah memaksa saya melepaskan pekerjaan yang saya rasa lebih saya kuasai, dan yang pada akhirnya saya anggap lebih penting; dan, khususnya, buku ini pasti membuat orang nanti kurang suka menerima hasil-hasil kajian yang secara akademik lebih kokoh, yang menjadi muara dari semua kecondongan pemikiran saya.

Kendatipun demikian, saya memandang penulisan buku ini sebagai kewajiban yang tidak boleh saya hindari, terutama kare- na ciri serius dan khas dari diskusi-diskusi masa kini tentang masalah-masalah kebijakan ekonomi masa depan hampir-hampir tidak disadari publik.






 BACA ONLINE Frederic A. Hayek
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments