Ebook Kapital III - Sewa Diferensial Bahkan atas Tanah Termiskin yang Dibudidayakan - Karl Marx


Judul Ebook : Kapital III - Sewa Diferensial Bahkan atas Tanah Termiskin yang Dibudidayakan

Tebal Ebook : 190 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Mari kita mengasumsikan bahwa permintaan akan gandum naik dan persediaan dapat dipenuhi hanya dengan investasi kapital berturut-turut dengan kekurangan produktivitas atas tanah-tanah penghasil-sewa, dengan investasi kapital tambahan, secara serupa dengan berkurangnya produktivitas, atas tanah A, atau dengan investasi kapital atas tanah-tanah baru dengan kualitas lebih rendah daripada A. 

Mari kita ambil tanah B sebagai wakil tanah penghasil-sewa. Investasi kapital tambahan memerlukan suatu kenaikan dalam harga pasar di atas harga produksi sebelumnya yang berlaku sebesar £3 per quarter, agar memungkinkan produksi tambahan sebesar 1 quarter atas tanah B. (1 quarter ini dapat mewakili 1 juta quarter, dan masing-masing acre mewakili 1 juta acre.) Pada C dan D dsb. jenis tanah dengan sewa tertinggi, terdapat juga suatu produk surplus, namun hanya dengan produktivitas surplus yang menurun; 1 quarter dari B, namun, diasumsikan menjadi keharusan agar memenuhi permintaan itu. Jika 1 quarter ini dapat diproduksi secara lebih murah dengan kapital tambahan pada B daripada dengan kapital tambahan yang sama pada A, atau dengan menurun pada tanah A-1 yang hanya dapat memproduksi dengan £4 per quar-ter, misalnya, sedangkan kapital tambahan pada A dapat memproduksi, misalnya, £33/4 per quarter, maka kapital tambahan pada B akan menentukan harga pasar.

A akan memproduksi 1 quarter dengan £3 seperti sebelumnya. B, juga seperti sebelumnya, suatu total dari 31/2 quarter, pada suatu harga produksi individual yang seluruhnya £6. Jika suatu £4 tambahan dalam biaya produksi (termasuk laba) kini diperlukan pada B agar memproduksi satu quarter lagi, sesang pada A ini dapat diproduksi dengan £33/4, maka ia jelas akan diproduksi pada A dan tidak pada B. Mari kita mengasumsikan oleh karena itu, bahwa ia dapat diproduksi pada B untuk suatu biaya produksi tambahan sebesar £31/2. Dalam hal ini, £31/ 2 akan merupakan harga penentu bagi keseluruhan produksi. B akan menjual produknya, kini 41/2 quarter, untuk £153/4. Biaya produksi untuk 31/2 quarter pertama merupakan suatu pengurangan sebesar £6 darinya dan dari quarter £31/2 terakhir, suatu total sebesar £91/2. Laba yang trersisa untuk sewa ialah £61/4, dibandingkan hanya £41/2 sebelumnya; namun itu bukan tanah terburuk A, melainkan tanah B yang lebih baik, yang menentukan harga produksi £31/2.






 BACA ONLINE | Karl Marx
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments