Ebook Kemiskinan Filsafat - Karl Marx


Judul Ebook : Kemiskinan Filsafat

Tebal Ebook : 224 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Karya ini ditulis pada musim dingin 1846-47, ketika Marx telah menjernihkan bagi dirinya sendiri pokok-pokok dasar pandangan historikal dan ekonomikalnya yang baru. Karya Proudhon Systême des Contradictions économiques ou Philosophie de la Misêre, yang baru saja terbit, telah memberikan kesempatan baginya untuk mengembangkan pokok-pokok dasar ini dalam beroposisi terhadap pandangan-pandangan seseorang yang, kemudian, akan menduduki tempat utama di antara kaum Sosialis Perancis yang masih hidup. Sejak waktu mereka berdua di Paris sering melewatkan bermalam-malam hingga untuk mendiskusikan masalah-masalah ekonomi, jalan-jalan mereka telah kian berpisah; buku Proudhon membuktikan bahwa sudah terdapat suatu jurang yang tidak terjembatani di antara mereka. Mengabaikannya pada waktu itu tidaklah mungkin, dan karenanya, Marx dengan jawabannya ini merekam keretakan yang tidak dapat diperbaiki itu. 

Pendapat umum Marx mengenai Proudhon dapat dijumpai dalam karangan,1 yang dilampirkan pada prakata ini, yang dimuat dalam Sozialdemokrat, Berlin, no.16, 17 dan 18, di tahun 1865. Ini adalah satu-satunya karangan yang ditulis Marx untuk surat-kabar itu; usaha- usaha Herr von Schweitzer, yang tidak lama kemudian menjadi jelas, untuk memandunya mengikuti garis-garis feodal dan pemerintah memaksa kita secara terbuka mengumumkan akhir kerja-sama kita yang cuma berusia beberapa minggu. Bagi Jerman karya ini pada waktunya yang tepat mempunyai suatu arti-penting yang Marx sendiri tak-pernah bayangkan. Bagaimana ia dapat mengetahui bahwa, dengan menghantam Proudhon, ia telah memukul Rodbertus, pujaan para pemburu tempat dewasa ini, yang namanya saja ketika itu tidak dikenalnya?Di sini bukan tempatnya untuk mempersoalkan hubungan Marx dengan Rodbertus;suatu peluang untuk melakukan itu pasti akan terbuka bagiku di waktu dekat. 

Di sini cukuplah dicatat, bahwa ketika Rodbertus menuduh Marx merampok dirinya dan dalam Capital tanpa menyebutnya telah dengan bebas menggunakan karyanya Zur Erkenntnis, dsb., maka Rodbertus telah melancarkan suatu fitnahan yang hanya dapat dijelaskan sebagai muntahan kebencian seorang genius yang disalah-mengerti dan karena kebutaan (ketidak-tahuan)-nya yang luar biasa mengenai hal-hal yang terjadi di luar Prusia, dan teristimewa mengenai literatur sosialis dan ekonomi. Tuduhan-tuduhan ini maupun karya Rodbertus tersebut di atas tidak pernah sampai pada (terbaca oleh) Marx; segala yang diketahuinya mengenai Rodbertus adalah ketiga Soziale Briefe (Surat-surat Sosial)-nya dan itupun jelas tidak terjadi sebelum tahun 1858 atau 1859. 

Terdapat dasar yang lebih kuat bagi pernyataan Rodbertus dalam surat- surat ini, bahwa ia sudah menemukan nilai bentukan dari Proudhon itu sebelum Proudhon sendiri; tetapi di sini juga benar bahwa ia secara keliru membanggakan dirinya sebagai penemu pertama. Bagaimanapun, atas dasar itu Rodbertus diliput oleh kritik dalam karya ini, dan ini memaksa diriku dengan ringkas menyoalkan karya kecilnya yang mendasar/fundamental: Zur Erkenntnis unsrer staatswirschaftlichen Zustände (Sumbangan pada Pengetahuan mengenai Kondisi-kondisi Ekonomi Nasional kita),






 BACA ONLINE | Karl Marx
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments