Ebook Komunisme Sayap Kiri - V.I. Lenin


Judul Ebook : Komunisme Sayap Kiri

Tebal Ebook : 183 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Manuskrip Lenin tersebut bersubjudul "Sebuah Eksposisi Populer dari Strategi dan Taktik Marxis", namun tidak diterapkan pada edisi manapun sepanjang masa hidupnya. Dalam bulan-bulan pertama sesudah merebut kekuasaan politik oleh proletariat di Rusia (25-X– 7.XI.1917), mungkin nampak bahwa perbedaan amat besar antara Rusia yang terbelakang dengan negeri-negeri yang sudah maju di Eropa Barat akan menyebabkan revolusi proletar di neger-negeri yang disebut belakangan ini mempunyai sedikit sekali persamaan dengan revolusi kami.

Sekarang kita sudah mempunyai banyak sekali pengalaman internasional yang dengan sangat tegas menunjukkan bahwa beberapa ciri revolusi kami yang pokok mempunyai arti yang bukan setempat, bukan khusus nasional, bukan semata- mata Rusia, tetapi yang internasional. Dan di sini saya bicara tentang arti internasional bukan dalam pengertian yang luas, yaitu bahwa bukan beberapa, tetapi semua ciri yang pokok dan banyak ciri yang sekunder dari revolusi kami mempunyai arti internasional dalam arti perngaruhnya terhadap semua negeri. Tidak, saya bicara dalam pengertian yang sesempit-sempitnya, yaitu bahwa jika menginsyafi arti internasional itu sebagai pengaruhnya secara internasional atau ketidakterelakkannya secara sejarah pengulangan dalam rangka internasional suatu apa yang telah terjadi di negeri kami, orang terpaksa mengakui, bahwa beberapa ciri revolusi kami yang pokok memang mempunyai arti yang sedemikian itu.

Komunisme "Sayap Kiri": Sebuah Penyakit Kekanak-Kanakan (Rusia: Детская болезнь "левизны" в коммунизме; Transliterasi: Detskaya Bolezn' "Levizny" v Kommunizme) adalah sebuah karya buatan Vladimir Lenin yang menyerang kritikan-kritikan terhadap Bolshevik yang mengklaim posisi sayap kiri mereka. Kebanyakan kritikan tersebut adalah proponen-proponen ideologi yang kemudian disebut sebagai komunisme sayap kiri.

Buku tersebut ditulis pada 1920 dan diterbitkan dalam bahasa Rusia, Jerman, Inggris dan Perancis pada tahun berikutnya. Salinannya kemudian disbarkan kepada setiap delegasi di Kongres Comintern Sedunia ke-2, beberapa diantaranya disebutkan oleh Lenin dalam karya tersebut.






 BACA ONLINE | V.I. Lenin
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments