Ebook Perang Tani di Jerman - Frederick Engels


Judul Ebook : Perang Tani di Jerman

Tebal Ebook : 138 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Karya ini ditulis di London dalam musim panas tahun 1850, di bawah pengaruh yang jelas dari kaum kontra-revolusi, yang baru saja diselesaikan. Karya ini muncul pada tahun 1850 dalam terbitan ke-5 dan ke-6 dari Neue Rheinische Zeitung, sebuah majalah ekonomi politik yang dieditori oleh Karl Marx di Hamburg. Teman-teman politik saya di Jerman ingin melihatnya dalam bentuk buku, dan dengan ini saya memenuhi keinginan itu, karena, sayangnya, masalah itu masih saja menarik perhatian dalam ketepatan waktu. 

Karya ini tidak dimaksudkan untuk menyajikan bahan-bahan yang terkumpul secara terpisah. Sebaliknya, semua bahan yang adan hubungannya dengan pemberontakan petani dan Thoman Muenzer telah diambil dari karya Zimmermann yang bukunya, meskipun menunjukkan lubang-lubang di sana-sini, namun masih merupakan sajian terbaik dari fakta itu. Lagi pula, Zimmermann tua sangat menyukai masalah ini. Insting revolusioner yang sama, yang di sini membuatnya menjadi pembela kelas-kelas tertindas, belakangan juga telah membuatnya menjadi salah seorang tokoh sayap kiri ekstrem terbaik di Frankfurt.

Meskipun demikian, apabila penyajian kembali dari Zimmermann itu kurang memiliki pertalian internal, apabila ia tidak berhasil dalam menunjukkan kontroversi politik maupun agama pada jaman itu sebagai pencerminan dari perjuangan kelas yang terjadi secara serentak, apabila ia memandang perjuangan kelas hanya antara para penindas dan yang ditindas, antara baik dan buruk, dan kemenangan akhir ada di pihak yang jahat, apabila pandangannya yang mendalam pada kondisi sosial yang yang menentukan pecahnya pergulatan itu beserta hasil akhirnya yang luar biasa buruknya, maka hal itu merupakan kesalahan jamannya ketika buku itu muncul. Meskipun demikian, untuk jamannya, dan di antara karya-karya idealistis di Jerman tentang sejarah, karya itu masih tetap tampak menonjol karena ditulis dengan suasana hati yang sangat realistis.

Buku ini, meskipun hanya menyajikan arus sejarah perjuangan secara garis besarnya saja, tetapi juga akan memberikan penjelasan tentang asal mula perang tani itu, sikap berbagai kelompok yang muncul dalam perang, teori-teori politik dan agama di mana kelompok-kelompok itu berjuang keras untuk menjelaskan posisi mereka masing-masing, dan akhirnya, hasil pergulatan itu sendiri seperti ditentukan oleh kondisi kehidupan sosio-historisnya, untuk menunjukkan konstitusi politik Jerman pada waktu itu, pemberontakan untuk melawannya, dan untuk membuktikan bahwa teori-teori politik dan agama bukanlah merupakan penyebabnya, tetapi merupakan hasil dari tahap perkembangan pertanian, industri, tanah dan terusan air, perdagangan dan keuangan, yang muncul pada waktu itu di Jerman. Hal ini, yang merupakan satu-satunya konsep materialisme dan histori, berasal, bukan dari diri saya sendiri, tetapi dari Marx, dan dapat dijumpai dalam karyanya tentang Revolusi Prancis tahun 1848-9, yang diterbitkan dalam majalah yang sama, dan dalam karyanya “Brumaire ke-18 tentang Louis Bonaparte.”






 BACA ONLINE | Frederick Engels
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments