Ebook Persoalan Ekonomi Sosialis Indonesia - M. Hatta


Judul Ebook : Persoalan Ekonomi Sosialis Indonesia

Tebal Ebook : 27 X 2 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Kepala uraian ini menimbulkan masalah dalam masalah. Sebab, sebelum mengupas masalah ekonomi sosialis Indonesia, perlu dijawab lebih dahulu pertanyaan : apa yang dikatakan sosialisme ? Dan apa pula sosialisme Indonesia ? Ada berbagai pendapat tentang sosialisme. 

27x2
Begitu pula, dengan sendirinya, tentang sosialisme Indonesia. Orang terdorong kepada sosialisrne karena beberapa alasan. Karena etik agarna, yang menghendaki adanya rasa persaudaraan dan tolong-menolong antara sesarna manusia dalam pergaulan hidup. Melaksanakan bayangan Kerajaan Allah diatas dunia adalah tujuannya. KeTnudiarl, perasaan keadilan yang menggerakkan jiwa berontak terhadap kesengsaraan hidup dalam masyarakat, terhadap keadaan yang tidak sirna dan perbedaan yang mencolok mata antara kaya dan miskin, menimbukan dalam kalbu manusia berbagai konsepsi tentang sosialisme. Orang kenal akan konsepsi de Saint-Simon, Charles Fouricr dan Robert Owen. Semuanya menciptakan suatu dunia baru, dimana tiap-tiap orang hidup bahagia. Disebelah itu didapati pula rencana yang lebih realis, seperti sosialisme kooperatif cita-cita Louis Blanc dan sosialisme gilda yang dikernukakan oleh Fabian Societl' di Inggeris. Lebih kesohor dari semuanja itu paham sosialisme Karl Marx, yang terkenal sebagai sosialisme ilmiah.

Ma'rtr mengetjam konsepsi-konsepsi sosialisme seperti jang ditjiptakan oleh F'ourier dan Owen sebagai angan-angan belaka, karena mereka tidak menundjukkan djalan bagaimana mentjapainja. Semuanja itu utopia, katanja, impian semata-mata.
Marx sendiri selalu menolak memberi gambaran tentang sosialisme, sebab sosiaJisme ilmiah tidak dapat ,,memlruat resep bagr dapur umum dimasa datang". Sosialisme jang ahan datang menggantikan kapitalisme adalah buah dari pada perkembangan masjarakat dalam sedjarah dibawah pengaruh hukum dialektik. Dengan djalan ilmiah tidak dapat ditentukan sekarang bentuk dan rupa masa datang. Susunan baru d.ari pada masjarakaf tidak dibuat melainkan dilahirkan.

Sosialisme, kata Marx, bukanlah pendapat seorang pudjangga jang mau membami dunia, tetapi suatu kedjadian jang tidak dapat dielakk&D, sebagai akibat dari pada pertentangan dua kelas jang dilahirkan sedjarah, jaitu kelas burdjuis dan kelas proletariat.






 BACA ONLINE | Hatta
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments