Ebook Seni dan Kehidupan Sosial - G.V. Plekhanov


Judul Ebook : Seni dan Kehidupan Sosial

Tebal Ebook : 88 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Karangan Seni dan Kehidupan Sosial diterbitkan bagian demi bagian dalam majalah Sovremennik, bulan-bulan November dan Desember 1912, dan bulan Januari 1913. Karangan ini dimuat dalam Jilid XIV Kumpulan Karya-karya Plekhanov, yang diterbitkan sesudah ia meninggal, 30 Mei 1918.

Perihal hubungan seni dengan kehidupan sosial merupakan masalah yang selalu muncul dalam setiap kesusastraan yang telah mencapai suatu taraf tertentu di dalam perkembangannya. Yang paling sering, masalah itu dijawab dengan salah-satu dari dua pengertian yang secara langsung saling bertolak-belakang. 

Ada yang menyatakan: manusia tidak diciptakan untuk hari sabbath, melainkan hari sabbath itu untuk manusia; masyarakat tidak diciptakan untuk seniman, tetapi seniman untuk masyarakat. Fungsi seni ialah membantu perkembangan kesadaran manusia, membantu memajukan sistem sosial. 

Yang lain lagi dengan tegas menolak pandangan ini. Menurut pendapat mereka, seni merupakan tujuan pada dirinya sendiri; untuk mengubahnyamenjadi sebuah alat guna mencapai sesuatu tujuan lain, sekalipun yang paling mulia, berarti memerosotkan martabat penciptaan kreatif. Yang pertama dari kedua pandangan ini telah dengan jelas sekali diungkapkan dalam kesusastraan progresif kita dari tahun 1860-an. Tanpa menyebut Pisarev, yang dengan sikap berat-sebelah yang ekstrim nyaris menjadikannya sebuah karikatur,2 kita dapat menyebut Chernyshevsky dan Dobrolyubov sebagai pembela-pembela paling kuat dari pandangan ini di dalam kesusastraan kritis zaman itu.






 BACA ONLINE G.V. Plekhanov
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments