Ebook Tentang Das Kapital Karl Marx - Frederick Engels


Judul Ebook : Tentang Das Kapital

Tebal Ebook : 147 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Karya-karya yang dihimpun di sini hanya sebagian kecil dari yang ditulis Engels sehubungan dengan Capital Marx. Selama lebih setengah abad, aktivitas kreatif Engels sangat erat terjalin dengan kegiatan kreatif Marx. Korespondensi para pendiri Marxisme menunjukkan bagian yang sangat aktifnya yang dipunyai Engels di dalam penguraian sejumlah proposisi yang paling penting dari Capital dan betapa ia membantu Marx dengan nasehatnya, informasinya yang faktual dan pernyataaan-pernyataannya yang kritis. 

Sejumlah karya cemerlang Engels diabdikan pada perkembangan dan pembuktian proposisi-proposisi dasar dari doktrin Marxian. Kerja-sama pribadi Engels selama bertahun-tahun dengan Marx disusul oleh pekerjaan luar-gbiasa besarnya untuk penerbitan dua jilid terakhir Capital yang ditinggalkan oleh sang pengarang dalam bentuk manuskrip, edisi-edisi baru dari jilid pertama dan berbagai karya Marx lainnya. 

Sejumlah prakata yang ditulis oleh Engels pada karya-karya Marx yang diterbitkannya dicurahkan bagi pembelaan doktrin Marx terhadap musuh-musuhnya. Ringkasan ini haanya mencakup beberapa karya kecil Engels, yang bebas bentuknya tetapi ditulis dalam kaitan langsung dengan Capital Marx.

Bagian Pertama kumpulan ini terdiri atas tiga tinjauan mengenai jilid pertama Capital. Setelah penerbitan jilid pertama pada tahun 1867, salah satu tugas Marx dan Engels adalah mematahkan konspirasi kebisuan dengan mana burjuasi berharap membunuh benih doktrin yang mereka benci itu. Suatu persekongkelan kebisuan yang nyata telah menyambut munculnya karya Marx A Contribution to the Critique of Political Economy. 

Jilid pertama Capital diancam dengan nasib yang sama. Usaha-usaha luar biasa dilakukan oleh rekan-rekan Marx, dan terutama sekali oleh Engels, untuk menghalau rencana itu. Pers kelas-pekerja pada waktu itu sangat lemah. Hanya dengan jalan-memutar, lewat pers umum yang berada dalam tangan burjuasi, ada kdmungkinan untuk memgbangkitkan perhatian/minat pada buku itu di kalangan pembaca yang mampu menyumbang dengan menyebar-luaskan gagasan-gagasan yang dikandung di dalam buku itu.






 BACA ONLINE | Frederick Engels
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments