Ebook Demokrasi Sosial dan Demokrasi Libertarian - Thomas Mayer


Judul Ebook : Demokrasi Sosial dan Demokrasi Libertarian

Tebal Ebook : 52 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Konsep demokrasi social seharusnya sudah dikenal cukup baik di Indonesia. Nilai-nilai dasar yang terdapat di dalam Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 mengakui dan menyatakan hal tersebut. Di banyak pertemuan dan diskusi para ilmuwan social politik dan aktivis sering kali perdebatan mengenai apa itu demokrasi social dan demokrasi libertarian diikuti dengan antusias, tetapi sayangnya karena pengalaman sejarah, banyak orang masih mencurigai istilah ”sosial” dalam demokrasi sosial, sering dikaitkan dengan ideology komunisme.

Nilai-nilai demokrasi social sebenarnya adalah suatu paham yang telah diakui juga oleh masyarakat internasional. Di dalam Konvensi PBB 1966 tentang Hak Dasar telah dinyatakan lima hak, antara lain: hak sipil, politik, sosial, ekonomi, dan budaya. Menurut Thomas Meyer, kelima hak tersebut sebenarnya adalah komponen demokrasi sosial yang membedakannya dari pesaingnya demokrasi libertarian. Demokrasi libertarian lebih mengutamakan dan menekankan hak sipil dan politik tetapi mengesampingkan tiga hak yang lain.

Sejak masa reformasi 1998, perkembangan demokrasi di Indonesia telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dengan terselenggaranya pemilihan umum secara demokratis dan langsung 1999 dan 2004, Indonesia telah dianggap berhasil melakukan sebuah terobosan langkah maju dalam menerapkan demokrasi. 

Namun, dengan meningkatnya harga pendidikan yang hanya mampu dibayar oleh orang-orang kaya, sistem perpajakan yang tidak efektif, jaminan sosial, kesehatan yang kurang mendukung dan minimnya lapangan kerja sehingga angka pengangguran sangat tinggi adalah indikasi bahwa tidak semua orang telah memperoleh hak-haknya. Buku ini memaparkan sebuah kerangka konseptual tentang sejauh mana demokrasi sosial dapat di terapkan. Telah tiba saatnya bagi masyarakat Indonesia untuk menetapkan pilihan demokrasi mana yang harus dijalankan dan kami berharap melalui terbitan ini FES dapat memberikan kontribusi dalam perdebatan tersebut.






 BACA ONLINE | Thomas Mayer
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments