Ebook Era Baru dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia - World Bank


Judul Ebook : Era Baru dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia

Tebal Ebook : 403 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Sejak tahun 2002, sebuah tim yang terdiri dari para analis Indonesia dan manca negara, dibawah naungan Program Analisis Kemiskinan di Indonesia (INDOPOV) di kantor Bank Dunia Jakarta, telah mempelajari karakteristik kemiskinan di Indonesia. Mereka berusaha untuk mengidentifikasikan apa yang bermanfaat dan tidak bermanfaat bagi upaya penanggulangan kemiskinan, dan untuk memperjelas pilihan-pilihan apa saja yang tersedia untuk pemerintah dan lembaga-lembaga non-pemerintah dalam upaya mereka untuk memperbaiki standar dan kualitas kehidupan masyarakat miskin. Laporan ini menyatukan temuan-temuan tersebut.

Laporan ini banyak sekali dibantu oleh lembaga-lembaga pemerintah, terutama dari Kementerian Perekonomian, Kementerian Kesejahteraan Rakyat dan Bappenas. Banyak lembaga akademis terkemuka dan lembaga-lembaga non-pemerintah lain yang turut membantu penyusunan laporan ini. LPEM-UI, Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran dan Lembaga Penelitian SMERU telah memberikan dukungan yang sangat berharga. Laporan ini dan semua program yang telah dilaksanakan untuk menyusun laporan ini dapat terlaksana berkat dukungan dari Pemerintah Inggris melalui Departemen Pembangunan Internasional (atau Department for International Development, DfID), bersama-sama dengan pendanaan dari Bank Dunia.

Laporan ini mencoba untuk menganalisa sifat multi-dimensi dari kemiskinan di Indonesia saat ini melalui pandangan baru yang didasarkan pada perubahan-perubahan penting yang terjadi di negeri ini selama satu dekade terakhir. Sebelumnya, Bank Dunia telah menyusun Kajian-kajian Kemiskinan, yaitu pada tahun 1993 dan 2001, namun kajian-kajian tersebut tidak membahas masalah kemiskinan secara mendalam. Kajian ini memaparkan kekayaaan pengetahuan yang dimiliki oleh Bank Dunia dan Pemerintah Indonesia dan kami berharap bahwa kajian ini akan menjadi sumbangan penting untuk menghangatkan diskusi kebijakan yang ada, dan, pada akhirnya akan membawa perubahan dalam penyusunan kebijakan dan pelaksanaan upaya-upaya penanggulangan kemiskinan.

Dengan menyimpulkan temuan-temuan tersebut, laporan ini, melalui matrik kebijakan, memaparkan bagaimana Indonesia dapat menyesuaikan kebijakan dan program secara lebih baik agar dapat mencapai tujuan penanggulangan kemiskinan. Kami berharap bahwa temuan-temuan ini dapat membantu Indonesia dalam melaksanakan strategi pembagunan lima tahun dan dalam perencanaan kegiatan untuk mencapai Sasaran Pembangunan Milenium, dan tujuan yang tercantum dalam Strategi Nasional Penanggulangan  Kemiskinan (SNPK) untuk tahun 2009. Termasuk didalamnya; penurunan angka kemiskinan menjadi 8,2 persen; pencapaian angka partisipasi sekolah menengah sebesar 98,1 persen; dan pengurangan angka kematian ibu hamil dari 307 kematian per 100.000 kelahiran hidup yang ada sekarang menjadi 226–semua ini diharapkan akan tercapai pada tahun 2009.

Indonesia yang sekarang tentu saja sangat berbeda dari Indonesia satu dekade yang lalu. Maka bukan hal yang mengejutkan apabila strategi-strategi penanggulangan kemiskinan telah berubah seiring dengan perubahan yang telah dialami oleh Indonesia. Kami sangat berharap bahwa kajian kemiskinan ini dapat menjadi sumbangan berarti dalam menghadapi berbagai tantangan. Dengan demikian, kami dapat memberikan sumbangan kepada perubahan-perubahan luar biasa yang terus menerus terjadi di negeri ini.






 BACA ONLINE World Bank
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments