Ebook Jaman Bergerak di Hindia Belanda - Edi Cahyono


Judul Ebook : Jaman Bergerak di Hindia Belanda

Tebal Ebook : 203 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Konsep Kolonialisme Hindia Belanda yang dimulai abad ke-19 disiapkan oleh Herman Willem Daendels (1808-1811) untuk mempertegas pengelolaan wilayah koloni yang sebelumnya hanya merupakan mitra perdagangan Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC).

Saat itu pula struktur masyarakat kapitalistik terbentuk. Didirikan lembaga keuangan Nederlansche Handels-Maaatschapij (NHM) pada 1824, dan Javasche Bank pada 1825. Kapitalisme kolonial Hindia Belanda mempunyai tonggak penting, yaitu 1830-1870 sebagai kurun Cultuurstelsel. Setelah 1870, pencanangan Agrarische Wet, sejalan jaman liberalisme di mana investasi dipegang
oleh swasta Eropa.

Industrial kapitalistik (hubungan buruh dengan modal) untuk memproduksi barang-dagangan secara masal (generalized commodity production) telah dimulai sejak 1830. Konflik perburuhan muncul di mana-mana. Dilihat dari jumlah orang dan desa yang terlibat protes-protes tersebut adalah protes besar. Namun disebabkan belum ada organisasi modern (serikat, partai, dsb.), seringkali aktivitas ini tak menghasilkan apa-apa. Hal serupa ini tentu bisa didapatkan di berbagai wilayah kantung (enclave) industri masa itu. Kesenjangan inilah yang menjadi dasar perjuangan Mas Marco, Semaoen dan lainnya, seperti dapat kita telusuri dalam halaman buku ini.






 BACA ONLINE Edi Cahyono
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments