Ebook Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Kelas Menengah - Farchan Bulkin


Judul Ebook : Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Kelas Menengah

Tebal Ebook : 7 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Gejala kelas menengah dan sektor swasta tidak bisa dipahami dan dianalisa tanpa pemahaman dan analisa kapitalisme. Pada mulanya, dewasa ini dan mungkin nanti pada akhirnya, gejala kelas menengah dan sektor swasta selalu berkait dan berkelindan dengan kapitalisme. Kalau kita sadari bahwa kapitalisme, seperti dikemukakan oleh Wallerstein, sifatnya global dan bukan lokal, maka pemahaman kelas menengah, kapan saja dan di manapun juga selalu menuntut pemahaman dan analisa kapitalisme. Perbedaan-perbedaan yang nampak dari luar di dalam pandangan politik dan ideologi, peranan politik ekonomi dan sosial kelas menengah di beberapa kawasan dunia, pada dasarnya bukan perbedaan pada esensi dari kelas menengah, tetapi pada perwatakan dan kecenderungan kapitalisme pada kurun waktu tertentu.

Kebangkitan kelas menengah di Eropah telah memperkenalkan suatu tata susunan berfikir, masyarakat, ekonomi dan sosial baru yang tidak pernah dikenal sebelumnya. Tidak kalah pentingnya adalah kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan, filsafat dan seni. Makna ideologis dari kemenangan kelas ini adalah tumbuhnya faham-faham yang didasarkan pada hak-hak azasi manusia, konstitusionalisme atau rule of law dan demokrasi. Legitimasi politik dan kekuasaan serta eksistensi dari kelas ini telah diperjuangkan dengan faham-faham ini.

Kemenangan politik yang paling nyata ini adalah dilahirkannya negara yang disyahkan sebagai lembaga umum yang pada esensinya mempertahankan kelangsungan mekanisme kapitalisme tempat kelas ini berpijak dan memperkuat dirinya.

Secara ekonomi, kelas ini mempertahankan sistem di mana terdapat reproduksi modal yang luas, pertumbuhan komposisi organis dari modal, buruh bebas yang diperlakukan sebagai komoditi, pemaksaan-pemaksaan yang bersifat “ekonomis,” pemisahan kekuasaan ekonomi dari kekuasaan negara, dan diarahkannya produksi untuk pasar. Kemenangan-kemenangan ideologis, politik dan ekonomi dari kelas menengah ini disertai dengan tumbuhnya kota dan kebudayaannya. Lebih penting dari pada itu adalah bahwa kelas menengah telah berhasil memimpin suatu transformasi masyarakat ke arah formasi sosial kapitalis.






 BACA ONLINE Farchan Bulkin
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments