Ebook Kebebasn dan Politik Perubahan Iklim - Vaclav Klaus


Judul Ebook : Kebebasn dan Politik Perubahan Iklim

Tebal Ebook : 179 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Vaclav Klaus dalam buku ini memberi contoh ketegasan kongkrit atas isu lingkungan bahwa masalah lingkungan global terlalu penting hanya untuk digambarkan dan diputuskan oleh politisi dan ilmuwan. Namun melampaui hal tersebut, Klaus juga dengan berani dan meyakinkan menunjukkan bahwa mekanisme pasar informasi bersama dengan ekonomi pasar berada di bawah ancaman serius atas menggejalanya pendekatan sentralistis dalam pengambilan keputusan terkait masalah lingkungan.

Dua dokumen utama yang dikritik oleh Klaus dalam buku ini yaitu Stern Review Pemerintah Inggris dan An Inconvenient Truth yang disusun oleh Al Gore peraih Nobel Perdamaian 2007 memunculkan risiko terhambatnya dialog dalam menangani masalah lingkungan, digantikan oleh keputusan sentralistik populis yang mengabaikan konsekuensi ekonomi. Suatu harga yang teramat mahal ketika melibatkan kepentingan penghidupan lebih dari 7 Milyar manusia di bumi.

Dan hal tersebut bukan yang pertama. Klaus mengungkapkan bagaimana buku The Population Bomb yang ditulis Paul Ehrlich tahun 1968 memunculkan gambaran teramat suram atas kapasitas manusia mengendalikan populasi, hingga muncul rekomendasi yang membahayakan manusia dan perekonomian. Ehrlich menyarankan bukan hanya pertumbuhan ekonomi dunia harus dikorbankan, melainkan pula jumlah manusia harus ditekan. Sesuatu yang secara efektif hanya dapat dicapai lewat pendekatan sentralistik.

Ancaman atas pendekatan pengambilan keputusan secara sentralistik inilah yang menjadi roh dari buku ini. Apakah dialog masih tetap berlangsung? Ataukah masalah perubahan iklim telah diang- gap final dan keputusan hanya dapat diambil secara terpusat di mana pendapat ekonomi negara maju menjadi penentu segalanya dan sementara ekonomi negara berkembang hanya sebagai peng- ikut? Siapa yang akan menentukan kepentingan mana yang harus didahulukan?






 BACA ONLINE Vaclav Klaus
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments