Ebook Melampaui Aktivisme - Nugroho & Syarief


Judul Ebook : Melampaui Aktivisme


Tebal Ebook : 116 Halaman

Bahasa           : Indonesia


Ketika penelitian ini ditulis, jumlah pengguna Twitter di Indonesia telah melampaui 19.5 juta., jumlah blog lebih dari 5.3 juta, dan jumlah pengguna F­acebook melampaui 42.5 juta. Angka-angka tersebut membuat Indonesia termasuk dalam daftar negara-negara dengan pengguna media sosial terbanyak, dan disebut media sebagai ‘Negara Twitter’ dan ‘N­egara F­acebook. 

Akhir-akhir ini, di awal bulan Mei 2012, sebuah video menampilkan seorang tentara berpakaian sipil namun mengendarai mobil tentara, yang menggertak pengendara motor secara semena-mena dengan pistol dan tongkat pemukul, beredar cepat di YouTube dan tersebar luas lewat Twitter dan Facebook, yang mengakibatkan petinggi militer terpaksa mengakui insiden itu dan memberi sanksi kepada oknum tentara tersebut. B­eberapa hari sebelumnya, pemerintah dibombardir dengan kritik pedas atas ketidakmampuan melindungi penduduknya dalam kasus meninggalnya tiga tenaga kerja migran di Malaysia. Diduga mayat mereka dikirim ke Indonesia tanpa mata, memicu kecurigaan akan perdagangan organ sehingga diadakanlah pemeriksaan secara menyeluruh. Walaupun otopsi pada akhirnya membatalkan tuduhan tersebut, kritik yang terlanjur dimulai lewat Twitter, tersebar luas secara cepat melalui media online dan konvensional, dan ketegangan di antara kedua negara bahkan memaksa Menteri Luar Negeri untuk mengeluarkan pernyataan resmi.

Dua kejadian ini menunjukkan bagaimana pejabat atau pemerintah menanggapi tekanan publik. Banyak yang berpendapat bahwa hal ini tidak mungkin terjadi jika penggunaan internet dan media sosial tak sebesar sekarang. Dengan kata lain, penggunaan media sosial telah mempengaruhi tatanan politik Indonesia, di mana warga dapat menyuarakan pemikiran mereka bahkan mempengaruhi bidang politik. Argumen ini bahkan lebih meyakinkan dan menyolok jika melihat kembali bagaimana Facebook digunakan untuk menggalang dukungan dalam kasus Prita Mulyasari dan Cicak vs Buaya (atau Bibit-Chandra) secara berturut-turut di tahun 2009, atau bagaimana calon independen Faisal-Biem mengikuti pemilihan Gubernur Jakarta yang menyebabkan berkembangnya gerakan #SaveJkt, yang berawal dari Twitter8. Meskipun demikian, seberapa jauh argumen ini dapat dipertahankan? Apakah kemunculan internet dan media sosial menandai perubahan? Atau, apakah keseluruhan perubahan sebenarnya berasal dari luar penggunaan teknologi? Jika demikian, sejauh mana penggunaan internet dan media sosial mempengaruhi politik Indonesia secara spesifik? 

Sesungguhnya salah satu topik yang kini paling banyak didiskusikan dalam media mungkin tentang bagaimana internet dan media sosial mengubah politik dalam berbagai situasi dan konteks. Namun, ada berbagai pandangan yang jauh berbeda mengenai isu ini. Pandangan optimistis, contohnya dalam kasus Arab Spring yang paling banyak disorot, ditantang oleh pandangan yang lebih kritis atau bahkan ‘pesimistis seperti Morozov’s (2011). Tetapi, apapun pandangan yang ada, proses penggunaan internet dan media sosial, serta implikasinya terhadap perubahan sosial tidak semudah yang terlihat. 

Proses adopsi dan penggunaan inovasi teknologi baru seperti internet, khususnya oleh kelompok lunak namun dinamis seperti masyarakat, atau organisasi masyarakat sipil/non-pemerintah, sering dilihat sebagai ‚kotak hitam‘: tidak diketahui oleh banyak orang (N­ugroho, 2011b). Ada dua konsekuensi yang dapat timbul. Satu, secara konsep, dampak penggunaan oleh tingkat sosial yang luas sulit untuk dijelaskan dan dianalisis secara memadai. Penggunaan internet dan media sosial dalam politik, contohnya, tetap terkonsep secara samar (contohnya makalah Shirky, 2011). 

Dua, secara praktik, terdapat kesulitan yang sama untuk mendorong masyarakat pada umumnya untuk mengadopsi dan menggunakan internet dan media sosial secara strategis dan politis dalam konteks (lokal) di mana mereka berada.






 BACA ONLINE  Nugroho & Syarief
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments