Ebook Menatap Indonesia dari Kampus Bulaksumur - Kamila dan Amaliya


Judul Ebook : Menatap Indonesia dari Kampus Bulaksumur

Tebal Ebook : 256 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Birokrasi adalah sebuah sistem organisasi yang memiliki posisi strategis untuk melayani masyarakat sebagai warga negara. Kemampuan pelayanan yang baik di sebuah negara dapat diukur dengan birokrasi yang efektif dan efisien dalam mengurusi urusan publik. Ketika urusan publik diurus oleh sebuah sistem yang bernama birokrasi, maka kepentingan publik menjadi tujuan dalam pengelolaan birokrasi. 

Publik identik dengan masalah kepentingan banyak orang di atas kepentingan individu atau golongan. Ke-publik-an sebuah kepentingan yang diurus birokrasi menjadi nilai penting dalam menentukan langkah apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Karena birokrasi berorientasi pada bentuk pelayanan kepada warga negara, bukan berarti birokrasi tidak mengurusi bentuk lainya dari warga negara. Bentuk pelayanan dari birokrasi adalah membantu masyarakat dengan efektif dan efisien, sedangkan fungsi lainya dari birokrasi adalah penarikan dana publik untuk kemudian diberikan kembali dalam pelayanan publik.

Urusan dana yang ditarik oleh birokrasi, dalam artian sangat luas, berupa modal pajak dan modal keuntungan perusahaan negara dalam mengelola public goods atau aset-aset yang dimiliki masyarakat luas. Keuntungan modal yang disetorkan untuk kepentingan publik yang kini diurus oleh birokrasi sebagai sistem administratif membutuhkan pengelolaan yang bertanggungjawab dan transparan. Karena birokrasi merupakan sebuah sistem administratif untuk mengumpulkan modal, maka birokrasi menjadi alat untuk memahami apa yang terjadi terkait Akumulasi adalah sebuah usaha untuk mengumpulkan uang, dalam tulisan ini disebut modal, untuk mendukung fungsi birokrasi dalam mengumpulkan modal untuk pelayanan publik. 

Apabila kita berbicara soal modal, maka hal ini sangat terkait dengan kapitalisme yang mulai tumbuh sumbur di Indonesia menjelang awal abad ke-20. Sebelum itu, modal bukan menjadi hal yang diakumulasi (dikumpulkan) karena negara yang kelak bernama Indonesia ini belum memasuki tahap industrialisasi untuk menunjang kapitalisme. Ketika modal belum terkumpul, maka korupsi tidak akan terjadi. 

Korupsi boleh dikatakan tidak terjadi dalam suatu masyarakat tani tradisional. Meminjam istilah Daniel Dhakidae , “yang semata-mata bekerja untuk mencukupi makanya sendiri dalam hidup jarak pendek dari tangan ke mulut”. Korupsi akan terjadi ketika ada akumulasi modal yang melampaui kebutuhan dasar seseorang. Kebutuhan untuk bertahan hidup seperti untuk makan, minum, berteduh, dan pakaian adalah kebutuhan dasar. Ketika kemampuan kualitatif seseorang melebihi kebutuhan dasarnya, maka naik juga perkara kualitatif dan kuantitatifnya untuk korupsi






 BACA ONLINE Kamila dan Amaliya
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments