Ebook Peran Perempuan dalam Pemilukada - Hayunta dan Wasono eds


Judul Ebook : Peran Perempuan dalam Pemilukada

Tebal Ebook : 382 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Maraknya perempuan “run for office” dalam pemilukada di Indonesia merupakan fenomena unik. Hadirnya sejumlah perempuan kandidat bahkan keberhasilan perempuan menjadi kepala daerah bisa dimaknai sebagai meluruhnya tatanan patriarki (the end of patriarchy) dan sebagai penanda terjadinya transformasi politik di tingkat lokal. Perubahan perubahan institusional dalam sistem pemilu, kepartaian, hingga moderasi diskursus politik perempuan membuka struktur kesempatan dan proses politik yang lebih ramah bagi perempuan untuk duduk dalam jabatan jabatan politik.

Namun demikian, penting juga kiranya untuk menelaah lebih dalam apakah kehadiran perempuan dalam kandidasi mampu merebut ruang pengakuan politik terhadap perempuan? Apakah mereka dapat memuluskan agenda pengarusutamaan gender dan mengakhirnya praktek-praktek ketidakadilan akibat struktur-struktur partriarki di masyarakat? Selain itu, apakah perubahan-perubahan institusional telah membuka akses lebih luas sekaligus memotivasi perempuan untuk eksis di ruang publik dan kemudian memperjuangkan keadilan gender? Pertanyaan obsesif tersebut dicoba dijawab melalui penelitian “Perempuan Dalam Pemilukada 2010: Kajian Tentang Kandidasi Perempuan di Jawa Timur dan Sulawesi Utara”. 

Penelitian ini mengambil lokasi di sembilan kabupaten yang berada di wilayah Jatim diantaranya di Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten, Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Kediri dan di wilayah Sulawesi Utara yaitu di Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Secara keseluruhan buku ini tersusun ke dalam 7 bab. Pada bab pertama memuat latar belakang perlunya dilakukan penelitian kandidasi perempuan ini. Bab kedua berisikan perspektif yang digunakan untuk menjelaskan problema dan temuan-temuan penelitian. Bab ketiga, memuat tentang bagaimana cara memperoleh jawaban atas problema tersebut atau metode penelitian. Bab keempat berisikan profil kandidat dan proses kandidasi di wilayah Jawa Timur yang di dalamnya dideskripsikan motif kandidat, modal sosial, ekonomi dan politik kandidat, proses menjadi kandidat. Bab kelima berisikan profil kandidat dan proses kandidasi di wilayah Sulawesi Utara yang di dalamnya dideskripsikan motif kandidat, modal sosial, ekonomi dan politik kandidat, proses menjadi kandidat. 

Pada bab keenam berisikan analisis tentang kandidasi perempuan dalam pemilukada dari mulai motif dan prosesnya. Bab ketujuh memuat kesimpulan, implikasi teoritik dan rekomendasi dari hasil penelitian.






 BACA ONLINE Hayunta dan Wasono eds
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments