Ebook The Indonesian Nation Program For Community Empowerment (PNPM)-Rural Decentralization in the Context of Neoliberalism and World Bank Policies - Anggun Trisnanto Hari Susilo


Judul Ebook : The Indonesian Nation Program For Community Empowerment (PNPM)-Rural                           Decentralization in the Context of Neoliberalism and World Bank Policies

Tebal Ebook : 31 Halaman

Bahasa          : Inggris

Pada pertengahan 1990-an, Bank Dunia di bawah presiden Wolfensohn berubah strateginya pada pengembangan. Ini adalah respons keduanya terhadap banyak kritik serta kegagalan dari strategi sebelumnya yang hanya menekankan ekonomi. Strategi baru ini diberi label Post-Washington Consensus (PWC), oleh Stiglitz dan lainnya, berisi pendekatan yang lebih luas untuk pengembangan dan penggabungan lebih banyak dimensi daripada ekonomi. Tata pemerintahan yang baik, desentralisasi, reformasi dan partisipasi birokrasi adalah kata kunci dalam PWC. 

Banyak penulis berpendapat bahwa elemen-elemen kunci ini adalah bagian dari neoliberal yang lebih luas agenda yang dipromosikan oleh Bank untuk mencapai efisiensi pasar. Sebagai klien strategis, Indonesia telah didukung oleh Bank Dunia di Indonesia perjuangannya melawan kemiskinan. Jumlah besar bantuan diberikan kepada Indonesia ketika negara ini pulih dari krisis keuangan Asia pada akhir 1990-an. Sejak 1997 dan seterusnya, Indonesia telah menikmati keuangan dan teknis dukungan di bawah proyek utama PNPM (Program Nasional Pemberdayaan) Masyarakat / Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat). Program ini menekankan pendekatan bottom-up yang didasarkan pada pengembangan masyarakat dan partisipasi. Bank Dunia mengklaim bahwa inisiatif ini akan memungkinkan Indonesia untuk mengurangi kemiskinan.

Implementasi PNPM dipertanyakan. Selain itu kegagalan untuk mengurangi tingkat kemiskinan bangsa, proyek telah menghasilkan negatif berdampak pada masyarakat setempat. Kebijakan desentralisasi Indonesia yang telah Diimplementasikan sejak tahun 2001, semakin meningkatkan kemungkinan bahwa PNPM dibajak oleh pasukan lokal dan korupsi endemik, tangkapan elit, kroni kapitalisme dan konflik horizontal diperburuk daripada dikurangi.

Proyek penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak PNPM terhadap sosial hubungan politik di tingkat desa tempat PNPM berada diimplementasikan. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini akan menganalisis secara kritis bagaimana hubungan sosial-politik di antara penduduk desa berubah. Dengan melakukan ini, itu bertujuan untuk menghasilkan wawasan baru tentang transformasi sosial di Indonesia dan Indonesia terkait dengan program yang dilaksanakan oleh aktor eksternal.



"jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments