Ebook Liberalisme - Detmar Doering


Judul Ebook : Liberalisme

Tebal Ebook : 98 Halaman

Bahasa          : Indonesia

Dunia kini jelas butuh perubahan politik mendasar. Ia perlu kembali berakar pada prinsip-prinsip kokoh. Apa yang terjadi setelah rezim-rezim komunis di Eropa Timur runtuh telah menunjukkan bahwa membangun dan memelihara tatanan sosial liberal bukan perkara mudah. Hingga kini, tak pernah ada “akhir sejarah”, dan tak perlu juga diharapkan. Kita telah saksikan berbagai kemenangan perjuangan liberal di berbagai belahan dunia. Namun telah muncul pula para penentang barunya. Di banyak wilayah nasionalisme agresif atau fanatisme keagamaan telah menggantikan komunisme sebagai “doktrin pembebasan baru”. Ini telah berdampak buruk bagi orang-orang yang tinggal di wilayah itu.

Di alam demokrasi liberal di banyak negara-negara industri maju sekalipun masih banyak terhampar ancaman-ancaman terhadap tatanan ini, meski tidak begitu kentara terlihat. Sistem- sistem penjaminan sosial yang terlalu mahal untuk diadakan semakin banyak kita saksikan muncul. Sementara itu warga negara semakin tertekan oleh beratnya pajak dan birokrasi. Akhirnya, berbagai kesempatan ekonomi dari pasar bebas pun tertekan. Tingkat pengangguran tinggi seolah-olah berupa menjadi persoalan yang tak bisa terpecahkan.

Begini pulalah keadaannya saat ini di negara Jerman. Perubahan politik mendasar belum terjadi persis karena belum ada keberanian dan keyakinan untuk melakukan itu. Namun, seharusnya tidak sulit bagi kaum liberal untuk memproyeksikan visi akan sebuah masyarakat merdeka yang terbuka, yang secara konsisten memperjuangkan kemandirian individu. Visi terhormat ini sudah berakar panjang dan tepat untuk masa kini. Dengan menerbitkan ulang buku ini, Friedrich Naumann Foundation berharap menyumbang sesuatu bagi perubahan politik ini.

Liberalisme selalu memiliki argumen-argumen terbaik. Pembaca akan tahu ini setelah membaca buku ini. Modalnya yang terbesar adalah dasar-dasar intelektualnya yang kokoh. Kita tak boleh menyia-nyiakannya.



"jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments