Ebook Menemukan Konsensus Kebangsaan Baru - Faisal Basri dkk


Judul Ebook : Menemukan Konsensus Kebangsaan Baru

Tebal Ebook : 201 Halaman
Negara, Pasar, dan Cita-cita Keadilan

Buku ini bermula dari orasi ilmiah yang disampaikan Faisal Basri dalam acara Nurcholish Madjid Memorial Lecture (NMML) VI, di Aula Nurcholish Madjid, Universitas Paramadina, Jakarta, pada 11 Desember 2012 lalu.

Faisal Basri mengajak pembaca untuk berdialog tentang cita-cita bangsa Indonesia dan konsekuensi yang perlu ditanggung terkait penyusunan langkah tata kelola pembangunan, termasuk soal penyusunan APBN, pemberian subsidi, belanja pemerintah untuk jaminan sosial dan pembukaan lapangan kerja. Sebagai ekonom, titik awal dialognya memang berupa indikator-indikator ekonomi, tetapi ia sebenarnya membuka diri untuk masuk ke dalam dialog yang lebih mendalam terkait pencarian jalan keluar dari kemelut yang selama ini melilit pemerintah Indonesia karena alasan keterbatasan dana APBN, risiko bila menambah utang, cara menambah pajak, bahkan cara-cara memanfaatkan peluang pembangunan yang ia katakan sangat terbatas dari segi jangka waktu.

Faisal mengajak Indonesia untuk bergegas di hadapan ekonomi pasar global yang beringas. Dia mengingatkan perlunya bangsa Indonesia mendesain ulang skenario pertumbuhan ekonominya. Dia ingin agar siapa pun yang terlibat dalam kegiatan ekonomi tidak kehilangan jiwa sosial, tidak mati rasa ketika berhadapan dengan ketimpangan sosial yang akut. Di sanalah ide Faisal berpotongan dengan pemikiran Nurcholish Madjid yang menegaskan pentingnya roh keadilan dalam transformasi lembaga-lembaga politik maupun ekonomi.



"jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments