Ebook Mengorek Abu Hitam Sejarah Indonesia - Yosep Tugio Taher


Judul Ebook : Mengorek Abu Hitam Sejarah Indonesia

Tebal Ebook : 134 Halaman
Ultimus Bandung 2010


Peristiwa G30S tahun 1965 penuh dengan aksi banyak pihak. Perbenturan aksi‐ aksi ini tentu didasari oleh keinginan pelaku‐pelakunya yang juga saling bertentangan. Namun, dalam buku Yoseph Tugio Taher ini, semua peristiwa penuh konflik itu hanya bersumber pada satu keinginan tunggal, yakni Jenderal Soeharto. Keinginan Soeharto hanya satu, yakni merebut kekuasaan dari Presiden Soekarno.
Keinginan tunggal itu diwujudkan melalui pemikiran yang brilian, sehingga maksudnya yang jahat disulap menjadi perbuatan mulia.

Dengan amat rinci, Taher memaparkan peristiwa yang penuh perbuatan itu yang mengarah hanya pada satu keinginan dan satu pemikiran Jenderal Soeharto saja. Soeharto adalah dalang peristiwa yang mengubah Indonesia itu. Tidak ada dua keinginan atau banyak keinginan, karena semua digerakkan oleh Soeharto.

Selama lebih dari 30 tahun, Soeharto disanjung sebagai penyelamat bangsa dan negara dari sebuah kudeta. Dialah tokoh baik, pahlawan bangsa, karena telahmelakukan perbuatan yang dasarnya keinginan baik. Tokoh jahatnya adalah PKI,  karena partai ini punya keinginan jahat, yaitu kudeta. Ibarat cerita wayang kulit, PKI adalah pihak kiri dan Soeharto adalah pihak kanan. Kiri itu “jahat” dan kanan “baik”.

Tetapi wayang kulit itu harus dilihat dari dua sisi, yakni sisi penonton di belakang dalang dan sisi penonton di belakang layar wayang (kelir). Peristiwa G30S selama ini dilihat dari belakang dalang, yakni pihak yang baik ada di kanan. Sedang buku ini justru melihat peristiwa itu dari balik kelir, yang hanya menonton bayang‐bayang dan melihat dengan jelas bahwa pihak kiri adalah kebenaran dan kebaikan dan pihak kanan justru yang jahat.



"jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments