Ebook Cerita Dari Jakarta - Pramoedya Ananta Toer


Judul Ebook : Cerita Dari Jakarta

Tebal Ebook : 108 X 2 Halaman

Bahasa          : Indonesia

SEJAKJAN PlETERSZ. COEN TURUN-TEMURUN KELUARGA lTU memang berdarah hamba. Hamba yang tak tanggung-tanggung seria sampai buIu-bulunya. Mungkin juga bukan sejak Coen saja. Besar kemungkinan sudah sejak Pieter Both atau di saat-saat Houtman mengelana di semua samudera. Orang tak ada yang tahu dengan pasti. Yang sudah nyata, keluarbra itu dikenal di kala Coen belum jadi area yang diusir Jepang dari depan gedung Finaneien.

Keluarga pertama ini dikenal karena tereatat di buku besar dengan humf Latin, inlandseh sergeant ... stb. No . ... Pangkat sersan waktu itu sangat tinggi. Dengan pangkat itu orang bisa berbiak. Dan keluarga itu menurunkan empatpuluh anak.. Entah herapa biangnya. Orang tak ada yang tahu. Soal ini tak boleh Illasuk buku besar.

Turunan kedua - hamba juga, serdadu tak berkeIas! Kemudian dari turunan Ice turunan, derajat hambanya tumn Juga. Kian keeil kian keeil.
Akhirnya sampai tahun 1 949 sampai lah keluarga itu pada Sobi dan Inah - ritik de raj at hamba yang pcnghabisan. Setahun yang Ialu mereka masih hamba-hamba llcgeri. Keduanya tak tahu: Bahaya mengawang di atas kepala.

102x8

Cerita dari Djakarta (1957), sebagaimana ditulis dengan ejaan lama dalam buku asli, adalab kumpulan kisah yang sebelumnya sudah didahului oleh koleksi kisah-kisah pendek indah menarik seperti Percikan Revolusi (1951), Subuh (1951) dan Cerita dari Blora (1952). Membaca kumpulan cerpen-cerpen itu tentu benar saja bila ada pembaca menjuluki Pramoedya seba- gai seorang master cerpenis -namun kita lebih cenderung menilai Pramoedya sebagai seorang perawi besar, master bercerita yang luar biasa, karena kenyataan ini bukan saja kita jumpai dalam cerpen-cerpennya tetapi juga ketika ia muncul sebagai novelis karya-karya besar ex-Burn, seperti Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, Rumah Kaca, Arok Dedes, Arus Balik, dan semua karya-karyanya yang lain termasuk yang non-fIksi.






 BACA ONLINE | Pramoedya
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments