Ebook Kerancuan Filsafat - Imam Al-Ghazali


Judul Ebook : Kerancuan Filsafat

Tebal Ebook : 454 Halaman

Bahasa          : Indonesia

Tahafut Al-Falasifah (Kerancuan Para Filsuf) merupakan karya terpopuler yang melambungkan sosok Abu Hamid al-Gazali sebagai salah satu pemikir utama dalam lintasan kesejarahan Islam. Dalam karya ini, sesuai dengan posisinya sebagai penjaga dan pembela umat, al-Gazali menjelaskan secara rinci kerancuan kerancuan yang ada dan terus didengungkan oleh para ilsuf serta coba dilesakkan kepada umat, yang dipandang al- Gazali sebagai tidak sesuai dengan “keinginan” agama.

Dalam karya ini, dengan berpijak pada basis keilmuan yang mengakar kuat dari tradisi teologis (kalam), al-Gazali membedah dan menelanjangi “kekeliruan” para ilsuf. Hal ini sebagaimana pengakuannya, “Dan kami tidak menetapkan dalam buku ini, kecuali mendustakan mazhab para ilsuf. Sedangkan untuk mengairmasi mazhab yang benar, kami (akan) menyusun sebuah buku yang kami beri judul Qawa’id ai-’Aqa’id. Dengan buku tersebut, kami bermaksud melakukan airmasi, sebagaimana kami bermaksud melakukan dekonstruksi dengan buku ini (Tahafut)."

Dengan demikian, dari kandungan yang dapat ditarik pada nuansa positif-konstruktif, buku Tahafut dapat digolongkan pada karya al-Gazali dalam bidang kalam yang meneropong kajian filsafat. Ia juga dapat dimasukkan pada apa yang ditetapkan dalam kajian-kajian kalam agar bisa membantu semua orang untuk menjawab: “Bagaimana seorang skeptis bisa menyusun sebuah karya dan menyampaikan ajaran-ajaran yang positif-konstruktif?” Selain itu, di dalamnya ditampilkan pendapat dari kalangan yang berkeyakinan bahwa materi secara esensial adalah sesuatu yang mungkin (mumkin/ contingent), dalam arti memerlukan sesuatu yang bisa memberikan wujud serta bisa merusaknya.

Al-Gazali sendiri membagi seluruh karyanya menjadi dua bagian. Pertama, kelompok karya yang diistilahkan dengan “yang terlarang bagi selain yang berkompeten” (al-madnun biha ‘ala gayr ahliha). Seluruh kandungan karya-karya yang tergolong dalam kelompok ini, hanya diperuntukkan untuk al-Gazali sendiri dan orang lain yang telah memenuhi persyaratan yang teramat sulit. Kedua, karya-karya yang disajikan untuk konsumsi masyarakat umum (jumhur). Ia adalah kelompok karya yang diperuntukkan kepada mereka sesuai dengan tingkat intelektualitasnya.






 BACA ONLINE Imam Al-Ghazali
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments