Ebook Sejarah Tuhan - Karen Armstrong


Judul Ebook : Sejarah Tuhan

Tebal Ebook : 280 Halaman

Bahasa          : Indonesia

Tersusun ke dalam sebelas bab, secara berturut-turut buku “Sejarah Tuhan” berisi; Bab I: Pada Mulanya, Bab II: Tuhan Yang Satu, Bab III: Cahaya Bagi Kaum Non-Yahudi, Bab IV: Trinitas; Tuhan Kristen, Bab V: Keesaan; Tuhan Islam, Bab VI: Tuhan Para Filosof, Bab VII: Tuhan Kaum Mistik, Bab VIII: Tuhan Bagi Para Reformis, Bab IX: Pencerahan, Bab X: Kematian Tuhan?, Bab XI: Adakah Masa Depan Bagi Tuhan?

Pada bab pertama, sang penulis mencoba menjelaskan bahwa monoteisme atau kepercayaan akan adanya satu Tuhan adalah konsep pertama manusia tentang Tuhan. Namun, konsep “satu” Tuhan disini memiliki banyak versi sesuai dengan wilayah yang ada. Diantaranya adalah konsep “Tuhan Tertinggi” atau “Dewa Langit” yang membawahi Tuhan-tuhan lainnya. Misal yang lain adalah Yahweh, Tuhan bangsa Yahudi. Deskripsi tentang Yahweh beserta proses terbentuknya kepercayaan Yahudi dikemukakan dengan sangat gamblang pada bab kedua dimulai dari kejadian penampakan sosok “Tuhan” oleh Yesaya di singgasana sebuah kuil hingga keadaan bangsa Yahudi bertahun-tahun setelahnya.

Bab ketiga dan keempat bertolak belakang karena menjelaskan sejarah kepercayaan Kristen beserta evolusi yang tejadi di dalamnya. Apabila pada bab kedua dijelaskan tentang kemunculan agama kristen dimana Yesus hanya dianggap sebagai manusia mulia yang membawa risalah Tuhan, maka pada bab keempat dijelaskan kronologi melencengnya aqidah kristiani pada awal abad keempat. Hal tersebut bermula dari motif politik Kaisar Konstantin untuk melanggengkan kekuasaannya dengan memotori penyelenggaraan Konisili Nicea. Didalamnya, para uskup dari berbagai penjuru berkumpul untuk menyepakati Trinitas, dosa waris, kewenangan gereja, dan dogma-dogma lainnya. Kesepakatan-kesepakatan itulah yang akhirnya menjadi ajaran utama dari kepercayaan kristiani dan menghapuskan kepercayaan aslinya.


Islam dengan tauhid sebagai inti ajarannya dibahas pada bab kelima. Bermula dari proses turunnya wahyu pertama di Gua Hira lewat perantara malaikat Jibril, penulis menceritakan kronologi masuknya faham baru ini ke masyarakat Mekkah. Ia menjelaskan bagaimana agama yang penuh dengan rasionalitas –yang membedakannya dengan agama-agama sebelumnya-ini mengubah masyarakat jahiliyah menjadi pusat peradaban dunia baru.






 BACA ONLINE Karen Armstrong
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments