Ebook Reorientasi Pembaharuan Islam - Budhy Munawar-Rachman


Judul Ebook : Reorientasi Pembaharuan Islam

Tebal Ebook : 1.084 Halaman

Bahasa          : Indonesia

Bukan kebetulan jika pada 1993 Nurcholish Madjid, salah seorang pemikir Islam Indonesia paling terkemuka dalam bidang Islam dan demokrasi: sekularisme, liberalisme dan pluralisme menulis artikel berjudul “The Islamic Roots of Mo-dern Plu ralism”. Sementara pada 1996, tiga tahun kemudian, Abdulaziz Sachedina, seorang ahli Islam di Amerika Serikat, menulis sebuah buku yang berjudul mirip, Islamic Roots of Democratic Pluralism.

Kedua tulisan ini menegaskan penting nya menggali ulang pemikiran demokrasi dalam Islam yang bisa menjustifi kasi sekularisme, liberalisme dan pluralisme. Dengan kata “menjustifi kasi” di sini maksudnya adalah bagai mana Islam bisa menerima pandangan-pandangan demokrasi mo dern seperti sekularisme, liberalisme dan pluralisme sebagai miliknya sendiri, karena memang nilai-nilai dasar ketiga konsep itu sejatinya adalah ajaran agama. Memang pada era akhir 1990-an banyak pemikir Islam di Indonesia maupun 

Dunia Islam lainnya mulai menggali pengertian-pengertian baru demokrasi termasuk mengenai sekularisme, liberalisme dan pluralisme, jauh melampaui pengertian era sebelumnya. Baik Nurcholish maupun Sachedina, keduanya menyadari bahwa tidak ada problem teologis apa pun umat Islam da lam menerima ide-ide demokrasi modern seperti sekularisme, liberalisme dan pluralisme. Justru sebaliknya, secara konsep nya menggali ulang pemikiran demokrasi dalam Islam yang bisa menjustifi kasi sekularisme, liberalisme dan pluralisme. 

Dengan kata “menjustifi kasi” di sini maksudnya adalah bagai mana Islam bisa menerima pandangan-pandangan demokrasi mo dern seperti sekularisme, liberalisme dan pluralisme sebagai miliknya sendiri, karena memang nilai-nilai dasar ketiga konsep itu sejatinya adalah ajaran agama. Memang pada era akhir 1990-an banyak pemikir Islam di Indonesia maupun Dunia Islam lainnya mulai menggali pengertian-pengertian baru demokrasi termasuk mengenai sekularisme, liberalisme dan pluralisme, jauh melampaui pengertian era sebelumnya.






 BACA ONLINE Budhy Munawar-Rachman
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments