Ebook Pembaharuan Tampa Apologia? - Ahmad Wahib Award

Esai-esai Tentang Ahmad Wahib Award
Judul Ebook : Pembaharuan Tampa Apologia?

Tebal Ebook : 293 Halaman

Bahasa          : Indonesia

Spirit Konsili Vatikan II yang kemudian menjadi sikap resmi gereja Katolik Roma dalam membangun hubungannya dengan agama-agama lain, termasuk mengembangkan dialog antariman, ini di antaranya barangkali cukup terlihat pada pemikiran Wahib tentang sekularisasi dan pluralisme agama. Konsili yang diselenggarakan dari tahun 1962-1965 itu sendiri merupakan sebuah sikap yang lahir ketika gereja Roma menemukan kondisi sosial-budaya dan politik dunia pascakolonial yang sudah jauh berbeda; di mana persinggungan umat manusia dari latarbelakang kebudayaan dan agama yang beragam telah berlangsung begitu intens dan kompleks seiring dengan perkembangan zaman (baca: laju globalisasi), ditambah lagi kenyataan bahwa pascakolonial, Barat tak lagi merupakan pusat perkembangan iman Katolik, tetapi gereja justru berkembang dengan pesat di Dunia Ketiga. Sebagaimana diungkapkan oleh Th.Sumartana dalam ”Gereja Indonesia Pasca Vatikan II, Refleksi dan Tantangan” (Kanisius, 1997):

"Konsili Vatikan II mengubah peta hubungan antaragama, baik pada tingkat dunia, maupun merembes sampai pada tingkat lokal; merambah pada tingkat global dan mempunyai pengaruh mendalam dalam kehidupan jemaat-jemaat lokal. Bukan hanya umat Kristiani saja yang dengan gembira merujuk pada dokumen tersebut selaku sebuah milik dan pencapaian bersama. Dokumen tersebut diterima sebagai sebuah harapan, sebagai munculnya semangat baru dalam menjalankan dialog antaragama."

------------------------------------------------------

Buku ini merekam pergolakan pemikiran dan pengalaman berislam sejumlah intelektual muda yang diinspirasi corak pembaharuan Wahib. Mereka adalah lima finalis Sayembara Penulisan Esai Ahmad Wahib Award tahun 2010 dan dua pemenang sayembara sebelumnya. Buku ini dilengkapi pula oleh esai prolog dari Asfinawati dan dua esai epilog dari A.H. Johns dan M. Dawam Rahardjo.


Buku ini bermanfaat terutama bagi mereka yang meminati hal-ihwal di sekitar pemikiran Islam dan pergulatan menjadi seorang muslim. Penerbitan buku ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memberi rangsangan bagi munculnya dentuman baru pemikiran Islam.






 BACA ONLINE Ahmad Wahib Award
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments