Ebook Pergolakan Pemikiran Islam - Ahmad Wahib Award


Judul Ebook : Pergolakan Pemikiran Islam

Tebal Ebook : 456 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Dari perjalanan sejarah Islam dapat kita ikuti bagaimana agama besar ini dalam keadaan tak siap menghadapi invasi kebudayaan barat yang moderen pada akhir abad ke-18. Sejak saat itu di sepanjang abad ke-19 dunia Islam menjadi bulan-bulanan kemajuan teknologi (khususnya persenjataan dan organisasi) Barat. Barat semakin kuat dan agresif setelah mengalami revolusi komersial dan revolusi industrial yang mendorong mereka untuk menguasai dunia. Dan mulai saat itu pula Barat telah membuktikan pilihan bagi pola kebudayaan dunia. Dalam arti bahwa dunia tak bisa lagi dipikirkan lepas dari pengaruh Barat Moderen. Dalam konteks semacam ini Islam pada umumnya sering hanya dilihat sebagai bagian dari ciri keterbelakangan manusia Timur. Dan prasangka umum semacam ini sering pula (sadar atau tidak) menghinggapi penilaian para pemeluk agama non Islam terhadap Islam: juga di Indonesia. kolonialisme Belanda turut pula membentuk prasangka umum ini, bahwa Islam adalah kekuatan nonkreatif yang identik dengan juga tidak terjadi di kalangan pemuda atau mahasiswa mereka.

Tidak ada manfaatnya untuk mengatakan bahwa AW mewakili pergolakan spiritual umat Islam di Indonesia, tapi dengan terbitan satu buku (yang tak terduga ini) jelas bahwa ia merupakan pergulatan yang tak terlepas dari proses perkembangan Islam di Indonesia. Sebagai salah satu fenomen Islam di Indo-
nesia ia tak bisa disangkal.

Telah sampai kepada kita satu dokumen yang berisi tentang pergulatan seorang ‘anak zaman’ yang terlibat secara penuh untuk memikirkan kemungkinan lahirnya pembaharuan hidup bersama yang lebih bebas, terbuka dan tanggap terhadap masalah-masalah masa depan.

Agaknya Ahmad Wahib (sebagai pemikir) lebih dekat ke- pada tokoh Bonhoeffer dari paada Tillich. Dalam arti: ia sendiri tak akan turut campur lagi untuk merumuskan dan mengembangkan pikiran-pikirannya. Orang lainlah yang harus meneruskannya. Apakah hal itu akan terjadi atau tidak terjadi namun Ahmad Wahib telah memulaikan lagi suatu tradisi bagi para intelektual di Indonesia yaitu menggugah kesadaran zamannya dengan bertanya-tanya!






 BACA ONLINE Ahmad Wahib Award
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments