Kagum Kepada Orang Indonesia [Download pdf] - Emha Ainun Nadjib


Judul Ebook : Kagum Kepada Orang Indonesia

Tebal Ebook : 93 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Tak ada bangsa di dunia yang kewajiban rasa syukurnya kepada Tuhan melebihi bangsa Indonesia. Tentu karena rahmat-Nya, kasih sayang-Nya, perhatian dan barokah-Nya yang dianugerahkan kepada bangsa Indonesia jauh melebihi bangsa-bangsa mana pun di dunia.

Di segala segi. Pada alamnya, tak ada jengkal tanah lain di bumi ini yang suburnya melebihi tanah Indonesia. Dalam sebuah album puisi musik saya pernah menyebut Indonesia sebagai “penggalan sorga” yang para Wali mendendangkannya dengan membayangkan penghuni Tanah Air ini berleha-leha: “Lir ilir, tandure wis sumilir, tak ijo royo-royo, tak senggo temanten anyar ...”. Yok Koeswoyo, anggota kelompok musik legendaris Koes Plus, putra termuda Pak Koeswoyo asal Tuban Kota Wali juga menyanyikannya dengan penuh ibarat:

“Bukan lautan, hanya kolam susu. Kail dan jala cukup menghidupimu .... Tongkat dan kayu jadi tanaman ....” Gunung-gunung pun hijau. Sementara tiga Jabal Musa tempat beruzlah Nabi Juru Bicara Allah, kalimullah, jika Anda mendaki ke sana, bisa dengan gampang Anda hitung jumlah helai rumput kering yang ada di seluruh sisi tiga gunung itu. Negara-negara Arab mengimpor tanah tropis dan tumbuhan dengan biaya sangat mahal agar merasa hidup di dunia dan bukan di Planet Mars.

Mesir menciptakan teknologi perkebunan karena memimpikan lingkungan hidup seperti di Indonesia, sehingga mereka mampu menjadi eksportir apel, anggur, dan mangga. Sementara Indonesia yang subur makmur tanahnya tentu saja tidak perlu menjadi eksportir seperti itu, karena toh bisa menanam anggur, apel, dan mangga kapan saja. Bahkan, Indonesia menunjukkan kepada dunia mampu menjadi importir beras meskipun lahan persawahan dan peradaban padi suku bangsa Jawa tidak ada tandingannya di dunia.

 BACA ONLINE Emha Ainun Nadjib
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments