Max Havelaar [Download pdf] - Multatuli - Eduard Douwes Dekker


Judul Ebook : Max Havelaar

Tebal Ebook : 584 Halaman

Bahasa           : Indonesia

MAX HAVELAAR diterbitkan beberapa tahun silam di Belanda dan menimbulkan kegemparan besar yang belum pernah terjadi di negeri itu. Penulisnya menggunakan nama samaran Multatuli, tapi nama aslinya Eduard Douwes Dekker, mantan Asisten Residen pemerintah Belanda di Jawa, langsung dikenal. Dengan berapiapi dan sangat antusias, penulisnya mempersembahkan kisah ini kepada saudara-saudara sebangsanya dalam bentuk novel buku yang memperkenalkan bangsa Belanda pada pemerasan dan tirani luar biasa yang diderita oleh penduduk asli Hindia Belanda. 

“Kerajaan Insulinde megah yang melingkari khatulistiwa bak untaian zamrud” adalah korban, dan betapa penulisnya dalam masa tugasnya berupaya untuk mengakhiri penindasan keji yang berlangsung setiap hari di wilayah itu, tapi sia-sia. Walaupun sebagian orang menganggap buku itu hanyalah novel yang menarik dan memikat, penulisnya menyatakan bahwa isinya adalah fakta. Dengan berani, penulisnya meminta pemerintah Belanda membuktikan kekeliruan isi bukunya, tapi kebenaran itu tidak pernah diperdebatkan.

Di Kongres Internasional untuk pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial di Amsterdam pada 1863, penulis menantang saudara-saudara sebangsanya untuk membuktikan kesalahannya, tapi tidak ada yang berani menerima tantangan itu. Singkatnya, Mr. Douwes Dekker, yang pernah menjadi pejabat pemerintah Belanda selama tujuh belas tahun, cenderung memperhalus daripada melebihlebihkan kebenaran. Tidak satu pun fakta pernah diperdebatkan di Belanda, dan Mr. Douwes Dekker siap untuk membuktikan semua pernyataannya . Di parlemen Belanda tidak ada yang mengucapkan sepatah kata pun, tapi Mr. Van Twist, mantan Gubernur Jenderal Hindia Belanda, ketika diminta oleh Baron Van Hoevell, mengatakan bahwa dia mungkin bisa membuktikan kesalahan Max Havelaar, tapi tidak tertarik untuk melakukannya.

Buku itu membuktikan bahwa kisah dalam Uncle Tom’s Cabin mengenai kekejian terhadap budak-budak di Amerika tidak ada artinya jika dibandingkan dengan semua yang berlangsung setiap hari di Hindia Belanda.

 BACA ONLINE Eduard Douwes Dekker
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

7 Comments