Menuju Persatuan Umat [Download pdf] - Haidar Bagir


Judul Ebook : Menuju Persatuan Umat

Tebal Ebook : 272 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Buku ini terbit pertama kali pada 1986 dengan judul Satu Islam: Sebuah Dilema. Penerbitannya mendapat sambutan cukup baik dari pembaca. Terbukti, hingga 1994, buku ini mencapai cetakan VII. Tema ukhuwah islamiah (per- saudaraan dan persatuan Islam) rupanya merupakan keprihatinan umum kaum Muslim, khususnya di Indonesia.

Meskipun sudah cukup lama waktu berlalu, tema buku ini masih terasa kontekstual dengan kondisi di Indonesia, terlebih lagi jika kita menilik konflik-konflik yang justru terasa makin mencuat dan mencerminkan merosotnya kerukunan antarkelompok Muslim. Oleh karena itu, Penerbit Mizan bekerja sama dengan Yayasan Muslim Indonesia Bersatu—menganggap perlu menghadirkan kembali buku ini. Edisi terbaru ini dijuduli Menuju Persatuan Umat demi lebih merepresentasikan isi, menyampaikan pesan yang lebih tegas, dan menambah nuansa positif dan optimistik.

Sebagian besar isi buku ini tidak mengalami perubahan dari edisi aslinya. Dua tulisan ditambahkan karena penting untuk memperluas pemahaman kita tentang situasi ukhuwah islamiah pada abad ke-21. Kedua tulisan tersebut adalah “Merajut Ukhuwah Islamiah” karya Said Aqil Siradj, dan Risalah Amman yang berisi pernyataan sikap dari Konferensi Islam Internasional tahun 2005 tentang toleransi dan persatuan Islam, yang masih banyak belum diketahui. 

Satu bagian dihilangkan, yaitu “Ayat-Ayat Al-Quran tentang Persatuan” karena isinya yang mungkin sudah cukup banyak diketahui dan tidak terlalu sulit dicari dalam tulisan-tulisan lain.

Semoga kehadiran buku Menuju Persatuan Umat ini memperkaya wawasan pembaca dan dapat mendorong kemauan di kalangan umat Islam untuk memperjuangkan terwujudnya persatuan umat.

 BACA ONLINE | Haidar Bagir
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments