Penyemai Pergerakan Kebangsaan & Kemerdekaan [Download pdf] - H.O.S. Tjokroaminoto


Judul Ebook : Penyemai Pergerakan Kebangsaan & Kemerdekaan

Tebal Ebook : 232 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Kemenangan Jepang atas serangan di Port Arthur yang terletak di jazirah Liaodong di Selatan Manchuria pada 1905 membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat di Asia yang mayoritas berada di bawah penjajahan bangsa asing. Kemenangan itu memberikan angin segar bagi bangsa-bangsa di Asia dan meyakinkan mereka bahwa bangsa Asia pun memiliki kemampuan lebih atau setidaknya sama dibandingkan bangsa-bangsa penjajah. Berita kemenangan Jepang itu juga sampai ke wilayah koloni Hindia Belanda. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bila di wilayah itu mulai muncul gelombang pergerakan masyarakat. 

Di Nusantara, misalnya muncul pergerakan Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908, yaitu organisasi yang diikrarkan oleh para pemuda yang sedang sekolah di Sekolah Kedokteran di kota Weltvreden. Organisasi Boedi oetomo berkembang sangat pesat, terbukti dengan meningkatnya jumlah anggotanya. Lima bulan setelah dibentuknya organisasi Boedi Oetomo di STOVIA, Weltevreden ini, para anggotanya mengadakan Kongres yang pertama pada 5 Oktober 1908 di kota Surabaya. Dalam kongres ini telah ditetapkan tujuan dan pengurus organisasi tersebut. 

Sejarah berdirinya SI tidak dapat dilepaskan dengan peristiwa lain yang terjadi di Jawa. Pada 1911 dibentuk suatu perhimpunan yang bernama “Kong Sing”. Perhimpunan Kong Sing memiliki anggota yang terdiri dari suku bangsa Tionghoa dan suku bangsa Jawa. Walaupun yang terlihat perkumpulan ini bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan, namun sebenarnya organisasi ini berusaha untuk menentang segala kesewenang-wenangan. 

Dalam perjalananya, kedua bagian dari organisasi yang sama ini saling bersaing terutama dalam perdagangan batik. Hal inilah yang menyebabkan keduanya semakin menjauh dan akhirnya saling memisahkan diri. Di bawah H. Samanhoedi mereka mendirikan organisasi tersendiri, dan bergabung dengan Sarekat Dagang Islam, suatu organisasi dagang yang beranggotakan orang Islam. Organisasi Sarekat Dagang Islam telah didirikan di Bogor pada 1911.

Organisasi ini dimotori oleh RM Tirtoadisoerjo bersama-sama dengan Sjech Ahmed Badjened. Namun, berhubung organisasi ini kurang begitu berkembang, akhirnya H. Samanhoedi memiliki inisiatif untuk mendirikan suatu organisasi yang berbendera ke-Islaman yang dinamakan Sarekat Islam atau disingkat SI. Didirikannya organisasi SI ini bertujuan untuk memajukan perdagangan Indonesia di bawah panji-panji Islam.

Tujuan lainnya dari didirikannya organisasi yang baru ini adalah untuk membantu para pedagang, karena produk-produk yang diperdagangkan saat itu, terutama batik, banyak dimonopoli oleh orang-orang tertentu yang sangat menghambat usaha kaum bumi putera yang mayoritas beragama Islam. Berkat kegigihan pengurusnya, organisasi SI berkembang dengan sangat pesat, tidak hanya di kota Solo, tetapi merambah hingga ke kota-kota lain di Jawa bahkan ke luar Jawa seperti di Sumatera, Borneo dan Celebes.

 BACA ONLINE H.O.S. Tjokroaminoto
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments