Binatangisme [Download pdf] - George Orwell


Judul Ebook : Binatangisme

Tebal Ebook : 180 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Tuan Jones pemilik peternakan "MANOR". Malam itu ia baru saja mengunci kandang ayam. Karena kelewat mabuk; ia lupa menutup lubang kecil tempat ayam keluar-masuk. Menggenggam lampu minyak yang sinarnya berayun kian kemari, ia terhuyung-huyung melintasi pekarangan, menendang pintu belakang rumahnya dengan sepatu bot, meneguk habis gelas bir penghabisan, kemudian membuang diri ke tempat tidur .. Nyonya jones - tentu saja istrinya sudah lama mendengkur. Bibirnya: mencong, setitik ingus melekat di lubang hidungnya.

Malam pun jalan sebagaimana mestinya. Begitu lamim kamar tidur padam, sehingga suasana seperti di dalam lemari, terdengarlah suara berisik di antero kandang. Kaki berhentakan, cakar menggaruk-garuk, dan sayap berkeciap. Dan dengus. Dan ringkik. 

Tersebar berita di sepanjang .hari, si tua bangka Major-·- babi putih yang pemah menang kontes - punya mimpi aneh di malam sebelum-nya, dan beniat tatap muka dengan semua binatang. Sudah disepakati, mereka semua harus kumpul di kandang besar, begitu tuan Jones sudah tak menampakkan diri.

Si gaek Major (begitulah ia selalu dipanggil, walau nama ketika ikut kontes Willingdon Beauty) dihonnati di petemakan itu, sehingga siapa saja tidak keberatan rugi satu jam tidur hanya untuk mendengarkan apa yang tercetus dari mulutnya.

 BACA ONLINE George Orwell
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments