Daur Ulang Mulitan Indonesia di Indonesia: Darul Islam dan BOM Kedutaan Australia [Dowload pdf] - Crisis Group


Judul Ebook : Daur Ulang Mulitan Indonesia di Indonesia: Darul Islam dan BOM Kedutaan Australia

Tebal Ebook : 57 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Menyusul peledakan bom didepan kedutaan besar Australia pada 9 September 2004, segera bermunculan bukti-bukti adanya keterlibatan dua orang anggota Jemaah Islamiyah (JI) – Azhari Husin dan Noordin Mohamed Top. Akan tetapi segera terungkap pula kerjasama mereka dengan sebuah kelompok sempalan dari gerakan Darul Islam (DI) yang bernama Ring Banten, yang merupakan sumber dukungan logistik, koordinasi lapangan serta
pelaku bom bunuh diri tersebut.

Kemudian timbul banyak pertanyaan berkaitan dengan apa yang terungkap tentang kekuatan dan kekompakan JI secara relatif dengan terjadinya peristiwa pemboman tersebut. Apakah lebih lemah atau lebih kuat dibanding satu tahun yang lalu? Apakah struktur komando pusat masih berfungsi ataukah Azhari dan Noordin berlaga atas prakarsanya sendiri?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut, kendati jelas penting, mengabaikan hal kunci, yaitu bahwa sekalipun JI telah sangat dilemahkan dengan sejumlah penangkapan dan tindakan anti terorisme yang telah dilancarkan sejak peristiwa bom Bali pada Oktober 2002, beberapa bagian dari organisasi tersebut, bahkan secara perorangan, masih dapat berfungsi dengan bermitra bersama kelompok- kelompok non-JI. Namun kelompok apa saja, dan bagaimana kerjasama tersebut dijalin? Terjalinnya aliansi dengan Ring Banten mengisyaratkan perlunya mengamati kembali keretakan dan perpecahan yang terjadi didalam Darul Islam selama dua dasawarsa terakhir, untuk menilik jawabannya. 

Berdasarkan penelitian, kami menemukan bahwa DI merupakan organisasi yang luar biasa tangguh, yang telah mengalami berbagai perputaran pasang surut. Setiap kali pimpinan lama tampaknya tak lagi efektif, maka timbul anggota yang lebih muda dan lebih militan yang membawa angin segar kedalam organisasi, seraya memberi tafsiran baru atas amanah yang diembannya.

 BACA ONLINE Crisis Group
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments