Derita Sepahit Empedu [Download pdf] - Sy. Datuk R.A.


Judul Ebook : Derita Sepahit Empedu

Tebal Ebook : 205 Halaman

Bahasa           : Indonesia

JEPANG merupakan sebuah kekuatan baru dalam kancah politik internasional pada abad ke-20, memproklamirkan diri sebagai bangsa yang kuat dan berkedudukan sama derajatnya dengan bangsa-bangsa Eropa. Jepang berekspansi, memasuki gelanggang Perang Dunia II, muncul sebagai negara fasis yang tangguh, kemudian terus bergerak ofensif memperluas daerah pendudukannya.

Hindia-Belanda pun tak luput dari ancaman ekspansi Jepang. Pada tanggal 18 Desember 1941, Jepang mengebom pangkalan Amerika Serikat di Pearl Harbour. Belanda tidak dapat lagi membendung serangan Jepang terhadap Hindia-Belanda. Tiga hari setelah pengeboman Pearl Harbour, pintu Laut Selatan terbuka bagi Jepang. Daerah-daerah jajahan Belanda mulai dicaploknya satu per satu.

Pada tanggal 10 Januari 1942, Jepang menduduki Tarakan, Minahasa, Sulawesi, Timor, Balikpapan, dan Ambon. Pada tanggal 12 Maret 1942 menyerang Jawa berturut-turut, Banten, Indramayu, dan seterusnya. Tanggal 5 Maret 1942 menduduki Jakarta dan 8 Maret 1942 terus ke Bandung. Pada tanggal 8 Maret 1942 itu, Belanda secara resmi menyerah pada Jepang. 

Sedangkan di Sumatera Barat, pada tanggal 17 Maret 1942 beberapa kota penting telah diduduki Jepang. Serah terima kekuasaan terpaksa dilakukan oleh Belanda di Padang. Belanda diwakili Residen Bosselaar, sedangkan pihak Jepang diwakili Kolonel Fujiyama. Dari basisnya di Padang, tentara pendudukan Jepang membagi pasukannya untuk bertugas menduduki daerah lain serta membangun markas di tiap-tiap kota yang didudukinya di seluruh Sumatera Barat.

 BACA ONLINE Sy. Datuk R.A.
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments