Genealogi Intelektual Ulama Betawi [Download pdf] - Rakhmad Zailani Kiki


Judul Ebook : Genealogi Intelektual Ulama Betawi

Tebal Ebook : 210 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Penerbitan buku Genealogi Intelektual Ulama Betawi: Melacak Jaringan Ulama Betawi dari awal Abad ke-19 sampai Abad ke-21 (2011), tidak ragu lagi merupakan sumbangan sangat penting dalam sejarah ulama yang berasal dari etnis Betawi. Sebelum penerbitan buku ini, belum ada karya yang secara komprehensif mengemukakan tentang ulama Betawi dari satu generasi ke generasi selanjutnya, khususnya sejak abad ke-17, sebagaimana tercakup dalam tulisan ini. Memang sudah ada buku-buku dan artikel-artikel yang mencakup satu atau dua ulama asal Betawi secara terpisah-pisah, sehingga tidak memberikan gambaran yang relatif lengkap.

Karya ini memperkuat perkembangan di Indonesia sebuah genre literatur yang dalam istilah historiografi berbahasa Arab sebagai tarjamah (jamak, tarajim), yaitu semacam yang dalam historiografi di Barat disebut ‘kamus biografi’ (biographical dictionary). 

Genre literatur semacam ini bahkan memiliki sejarah sangat lama, sejak masa awal Islam genre ini sudah ada dalam bentuk genre tabaqat (generasi) ulama atau tokoh-tokoh lain; dan bahkan juga asma’ al-rijal nama dan riwayat hidup para perawi hadits yang memang diperlukan untuk mengetahui otoritas orang-orang yang ada dalam sanad dan perawi hadits. Memang, tradisi historiografi semacam ini berasal dari kebutuhan untuk memastikan kualitas hadits apakah sahih, atau dha’if dan seterusnya.

Di Indonesia genre literatur tarajim ulama jelas masih langka; padahal sangat dibutuhkan, bukan hanya untuk mengetahui biografi ulama-ulama, tetapi juga untuk rekonstruksi sejarah sosial intelektual Islam. Salah satu perintis genre tarajim ulama di Nusantara adalah Sirajuddin Abbas yang menulis tentang ‘tabaqat Syafi’iyah’ . Belakangan ini juga muncul semacam ‘kamus biografi ulama’ Nusantara sejak abad 17—yang sayangnya tidak mencakup ulama Betawi.

 BACA ONLINE Rakhmad Zailani Kiki
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments