Perang Aceh, Kisah Kegagalan Snouck Hurgronje [Download pdf] - Paul Van 'T Veer


Judul Ebook : Perang Aceh

Tebal Ebook : 300 Halaman

Bahasa           : Indonesia

TIDAK pernah Belanda melakukan perang yang lebih besar dari pada perang di Aceh. Dalam hal lama masa berlangsungnya, perang ini dapat dibandingkan dengan perang delapan puluh tahun. Dalam hal jumlah orang yang tewas (lebih dari seratus ribu jiwa) perang ini sebagai peristiwa militer yang tiada bandingnya bagi negeri kita.

Perang Aceh bagi Negeri Belanda bukan sekadar pertikaian bersenjata. Dia merupakan fokus suatu politik nasional, kolonial, dan internasional selama satu abad; dia menandai suatu babakan waktu: peralihan dari tempo doeloe abad ke-19 di Hindia dan Negeri Belanda ke riam masa kita.

Sejak tahun 1873 Perang Aceh diiringi oleh dua pertanyaan yang tidak terjawab. Pertanyaan yang satu militer sifatnya. Apakah perang ini dilakukan dengan cara yang tepat? Strategi militer, taktik, dan kepahlawanan dipersoalkan di sini; bukan saja itu, tetapi juga provokasi, teror, dan kekejaman. Semua panglima tertinggi yang silih berganti, di antaranya terdapat jenderal-jenderal masyhur, seperti J. van Swieten, K. van der Heijden, dan J.B. van Heutsz, terlibat dalam pertentangan-pertentangan itu.

Pertanyaan lain yang tidak terjawab sifatnya susila dan politik. Apakah perang ini dapat dibenarkan? Perdebatan ini pun memakan waktu tiga perempat abad dan belum selesai. Turut menyertainya Multatuli, Busken Huet, Abraham Kuyper, Snouck Hurgronje, Troelstra, Ratu Wilhelmina, Volin, dan masih banyak lagi. Ya, bahkan ada kalanya terdengar suara orang Indonesia, walaupun sedikit banyaknya perang ini lebih merupakan persoalan Belanda dan Hindia daripada persoalan Indonesia.

Buku ini merupakan kisah perjuangan ganda mengenai Aceh, yang telah berlangsung dalam bentuk yang sangat berbeda dari tahun 1870 sampai 1942.Pada tahun 1942, sebelum Jepang mendarat, Aceh memberontak lagi. Sesudah tahun 194 5 Belanda tidak melakukan upaya menegakkan kekuasaannya di sini. Aceh yang terakhir ditaklukkan dan yang paling mula bebas.

 BACA ONLINE Paul Van 'T Veer
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments