Perjalanan Hidup Saya [Download pdf] - A. Umar Said


Judul Ebook : Perjalanan Hidups Saya

Tebal Ebook : 300 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Saya dilahirkan pada tanggal 26 Oktober 1928 di Pakis, di suatu desa di dekat kota kecil di Jawa Timur yang bernama Tumpang, beberapa puluh kilometer dari Malang. Kota kecil ini terletak di daerah pegunungan, dan udara sehari-hari di sini agak sejuk.


Bapak saya lahir di Blitar dan diberi nama Amirun oleh kakek. Kakek adalah orang Madura, yang ketika mudanya merantau di kota Blitar. Banyak saudara-saudara kakek (dekat dan jauh) tinggal di Kampung Maduran di kota ini. Setelah menjadi guru dan kawin dengan ibu, bapak mengambil nama Hardjowinoto. 

Dari asal kekeluargaan ini, dapatlah dikatakan bahwa saya adalah orang Jawa Timur. Barangkali juga karena itulah maka saya, sampai sekarang, suka sekali makan tempe, pecel dan tahu. Malang terkenal dengan tempenya, Blitar dengan pecelnya dan Kediri dengan tahunya. Mungkin juga, ini disebabkan karena sejak
kecil saya tidak suka makan daging. 

Dari pihak bapak, keluarga jauh saya terdiri dari orang-orang Madura yang tinggal di Blitar dan sekitarnya, yang kebanyakan (waktu di jaman kolonial Belanda) bekerja sebagai pedagang.  Jarang yang menjadi pegawai negeri. Umumnya, mereka adalah orang-orang yang taat menjalani ajaran agama Islam. Bapak saya adalah salah seorang di antara mereka ini yang dianggap menonjol, karena berhasil menamatkan pelajarannya di Normaal School Blitar (sekolah guru).

Saya masih ingat, bagaimana ketika masih kanak-kanak (sekolah di HIS ) sering dibawa oleh bapak untuk mengunjungi sanak kerabat Madura di Blitar. Kelihatan waktu itu bahwa bapak dihormati oleh orang-orang Kampung Maduran itu. Mungkin, karena pengalaman beliau yang demikian itu pulalah maka bapak sering mengatakan kepada saya, bahwa keinginan bapak ibu ialah supaya saya menjadi “orang.” Kalau saya renungkan kembali masa-masa yang sudah saya lewati, saya merasa bahwa, banyak sedikitnya, pesan bapak itu rupanya mempunyai pengaruh dalam kehidupan saya. Di samping adanya berbagai faktor lainnya.

 BACA ONLINE A. Umar Said
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments