Sang Penguasa [Download pdf] - Niccolo Machiavelli


Judul Ebook : Sang Penguasa

Tebal Ebook : 185 Halaman

Bahasa           : Indonesia

BUKU Sang Penguasa ini merupakan terjemahan Indonesia dari karya filsafat politik klasik, yang aslinya ditulis dalam bahasa Italia sekitar empat setengah abad yang lalu dengan judul Il Principe (terjemahan Inggris The Prince). Ketika Machiavelli, pengarang buku ini, mulai menulis pada tahun 1512, dia baru saja tersingkir dari panggung politik dalam usia empat puluh empat tahun. Proses penulisan buku yang masyhur ini memakan waktu tujuh tahun karena baru selesai pada tahun 1519.

Buku ini termasuk salah satu buku yang disebut-sebut punya kontribusi dalam proses perubahan dunia seperti kita saksikan sekarang terutama dalam membangun kultur politik pada masa modern ini. Ulasan tentang substansi kekuasaan, ketatanegaraan, organisasi militer dengan pernyataan-pernyataan politis yang kontroversial tetap menarik perhatian dunia. Tidak mengherankan kalau buku ini sudah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa dan dibaca oleh kalangan luas. Namun apa yang sebenarnya dimaksudkan oleh pengarang tidak seluruhnya ditangkap oleh pembaca. Machiavellianisme sebagai suatu gerakan politik untuk menerapkan ajaran-ajaran Machiavelli selama pemikir yang mempertahankan hubungan interaktif antara moralitas dan kekuasaan. ini merupakan bukti betapa interpretasi tentang ajaran-ajaran Machiavelli menimbulkan perdebatan yang berkepanjangan sampai sekarang terutama di kalangan para pemikir yang mempertahankan hubungan interaktif antara moralitas dan kekuasaan.

Karena isi buku ini memang memancing timbulnya beraneka ragam interpretasi, baik yang berdampak positif maupun yang negatif terhadap substansi kekuasaan, maka dalam edisi bahasa Indonesia diberi kata pengantar yang berisi beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan oleh pembaca untuk menempatkan pemikiran-pemikiran dalam buku ini dalam konteks sejarah masyarakat Barat ketika gagasan-gagasan filsafat politik ini dicetuskan untuk pertama kali. Catatan-catatan pengantar ini diharapkan membantu kita untuk lebih memahami asumsi-asumsi politik yang terkandung dalam pernyataan-pernyataan filosofis yang diungkapkan pengarang. Dengan tingkat pernahaman semacam itu maka sesudah kita selesai membaca buku ini, evaluasi atau penilaian yang kita lakukan atas buku ini dapat dipertanggungjawabkan secara rasional, kritis dan ilmiah serta lebih berperspektif karena memperkaya kesadaran politik yang telah kita capai sampai sekarang.

 BACA ONLINE Niccolo Machiavelli
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

2 Comments