Seruan Zarathustra [Download pdf] - Freidrich Nietzsche


Judul Ebook : Seruan Zarathustra

Tebal Ebook : 245 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Aku tunjukan pada kau tentang tiga metamorfosa spirit: bagaimana spirit menjadi unta, unta menjadi singa dan akhirnya singa menjadi seorang anak.

Ada beberapa barang berat bagi spirit, bagi spirit pemikul berat yang punya perasaan hormat: kekuatannya rindu bagi yang berat, bagi yang terberat.

Apa sih berat itu? Maka bertanya sang spirit pemikul berat, lalu melutut bagai unta, ingin dimuati penuh beban.

Apa sih barang yang terberat itu, wahai kau para pahlawan? Tanya sang spirit pemikul berat, yang dapat aku bisa pikul dan bersukacita akan kekuatanku?

Bukankah ini: untuk merendahkan diri demi melukai keangkuhan seseorang? Untuk memperlihatkan kebodohan agar dapat mengejek kebijaksanaan seseorang?

Ataukah ini: untuk meninggalkan alasan kita ketika kita sedang merayakan kejayaannya? Untuk mendaki gunung-gemunung tinggi untuk menggoda sang penggoda?

Ataukah ini: untuk hidup dari buah akorn dan rumput pengetahuan, lalu demi kebenaran menderita kelaparan jiwa?

Ataukah ini: untuk menjadi sakit dan mengusir para pelipur lara, dan membuat pertemanan dengan yang tuli, yang tidak pernah mendengar segala permintaan-permintaan kau?

Ataukah ini: untuk mencercah air kotor tatkala ini adalah air kebenaran, dan tidak menyangkal katak-katak dingin dan bangkong-bangkong panas?

Ataukah ini: untuk mencintai mereka yang membenci kita, dan memberi bantuan pada hantu-hantu ketika mereka mau menakut-nakuti kita?

Sang spirit pemikul berat menaruhkan ke atas dirinya segala yang terberat: bagai unta ketika dibebani beban, lalu bergegas dia ke padang pasir, begitu cepatnya spirit pergi ke padang pasir.

Tetapi di kesunyian padang pasir terjadi metamorfosa yang kedua: disini spirit menjadi singa; ia mau menangkap kebebasan dan menjadi raja di padang pasirnya.

Ia mencari Rajanya yang terakhir di sini: ia mau menjadi musuhnya dan musuh Tuhan terakhirnya, ia mau berjuang bagi kejayaan melawan naga megah.

Apa itu naga megah dimana spirit tidak mau lagi memanggilnya Raja atau Tuhan? Sang naga megah ini dinamakan „Kau-kudu‟. Tetapi spirit sang singa berkata, „Aku mau.‟

 BACA ONLINE Freidrich Nietzsche
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments