Berpikir Seperti Nabi [Download pdf] - Fauz Noor


Judul Ebook : Berpikir Seperti Nabi

Tebal Ebook : 532 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Nabi adalah teladan kita. Kita seringkali mendengar seorang mubaligh berkata, “Apabila Anda seorang politikus, tirulah kepemimpinan Nabi Muhammad Apabila Anda seorang pedagang, teladanilah bagaimana Nabi Muhammad berdagang. Bila Anda seorang guru, tirulah cara Rasulallah mendidik orang-orang di sekitarnya.” Namun, mengapa kita jarang mendengar seseorang ber-kata, “Bila engkau hendak berpikir, teladanilah bagaimana Muhammad Saw. berpikir?” Padahal, dalam Al-Quran begitu banyak perintah untuk berpikir. Bahkan, nabi sendiri pernah bersabda bahwa berpikir (tafakur) sesaat lebih baik ketimbang ibadah selama satu tahun.

Buku ini dimulai dengan kupasan terhadap isyarat Nabi Muhammad tentang berpikir. Kemudian, pada pembahasan selanjutnya, saya mencoba mencari argumen rasional-antropologis (al-‘aqliyyah al-insaniyyah) dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan:

- Kenapa kita harus percaya? Kenapa kita mesti percaya kepada para nabi?

- Mengapa kita mesti percaya bahwa para nabi akan menuntun kita ke rumah kebahagiaan? Bukankah untuk meraih kebahagiaan sejati cukup akal prima dan hati nurani sebagai pembimbing kita? Bukankah kenabian itu licik? Mengapa bukan kakekku, ayahku, atau aku sendiri yang menjadi nabi? 

- Lalu, kenapa misi kenabian ditutup seiring dengan diutusnya Nabi Muhammad? Bukankah ditutupnya pintu kenabian tersebut memberi kesan seolah-olah Tuhan sudah malas mengurus umat manusia? 

Sederet pertanyaan itu akan menjadi pembahasan utama pada Bab 2, 3, dan 4. Dan, karena setiap nabi tidak lepas dari apa yang disebut mukjizat maka sebelum me- langkah pada pembahasan pokok, saya berusaha melaku-kan pembahasan tentang mukjizat. Pada bab ini saya mencoba melakukan semacam “dekonstruksi” terhadap mukjizat.

 BACA ONLINE Fauz Noor
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments