Modul Pelatihan Bagi Jurnalis dan Pelaku Media [Download pdf] - Solidaritas Perempuan


Judul Ebook : Modul Pelatihan Bagi Jurnalis dan Pelaku Media

Tebal Ebook : 141 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam macam budaya, termasuk nilai dan cara pandang terhadap peran maupun posisi perempuan dan laki-laki dalam berbagai ragam penilaian. Perempuan tak hanya dikonstruksikan
sebagai rekannya laki-laki, namun di banyak tempat, perempuan masih dikonstruksikan sebagai warga negara kelas dua, sebagai pelengkap laki-laki dan dibatasi ruang geraknya hanya pada mengurus persoalan domestik. 

Konstruksi ini terjadi dari mulai ranah keluarga (rumah), hinga ranah publik seperti di sekolah, di tempat kerja, ataupun di tempat umum  lainnya, biasanya melalui pemberlakuan norma-norma, nilai- nilai dan serangkaian pengetahuan melalui ajaran dan buku- buku bacaan. Konstruksi sosial atas perempuan ini juga lintas waktu, lintas masa, lintas generasi dan lintas budaya serta status sosial lainnya. Pertanyaan yang muncul kemudian atas realitas konstruksi terhadap perempuan tersebut adalah: “Jika konstruksi ini membatasi ruang gerak perempuan, apakah ini menandakan telah terjadinya diskriminasi yang dialami perempuan?”

Munculnya banyak penilaian masyarakat terhadap perempuan terjadi terus-menerus sepanjang abad. Nilai-nilai ini kemudian tak hanya terjadi dalam norma-norma masyarakat, namun juga mewujud dalam peraturan-peraturan yang dibuat oleh negara. Berbagai kebijakan diskriminatif terhadap perempuan muncul dengan mengatasnamakan budaya, agama, politik, maupun moralitas. 

Komnas Perempuan mencatata hingga Oktober 2015, setidaknya terdapat 389 perda diskriminatif yang hampir semuanya berisi tentang cara mengatur berpakaian perempuan berdasarkan interpretasi tunggal ajaran agama, pembatasan jam malam bagi perempuan, maupun pemisahan ruang publik antara laki-laki dan perempuan.

 BACA ONLINE Solidaritas Perempuan
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments