Pagi dan Hal-Hal yang Dipungut Kembali, Sejumlah Epigram [Download pdf] - Goenawan Mohamad


Judul Ebook : Pagi dan Hal-Hal yang Dipungut Kembali

Tebal Ebook : 204 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Penerbit Gramedia Pustaka Utama punya ide untuk menerbitkan cetusan-cetusan yang pernah saya tulis, terkadang terselip dalam pelbagai tulisan saya yang bisa disebut sebagai epigram. Saya merasa dapat penghormatan karena itu.


Sebagian dari epigram itu berasal dari ‘kicauan’ saya di Twitter—ruang yang cuma menyediakan 140 karakter tiap kali. Dewi Ria Utari telah menghimpunnya dan memilah-milahnya dan menambahkan beberapa petikan dari tulian saya yang lain. Di sana-sini, saya membantunya. 

Epigram ditandai terutama karena singkatnya. Ia tak akan menampilkan sesuatu yang lengkap, meskipun umumnya ia lahir sebagai cetusan sebuah pengalaman dan pemikiran yang lebih lengkap, lebih dalam. Lazimnya, ia enak untuk diingat dan dikutip kembali satu hal yang menyebabkan orang menyukainya.

Tentu saja saya harapkan epigram-epigram ini tak cuma diulang. Mereka mudah-mudahan jadi sejenis stimuli pemikiran atau sikap yang mengolah kembali “isi” cetusan-cetusan pendek itu. Dengan itu kita mengalami, menyaksikan, mengamati, dan merenungkan kembali pengalaman. Pembaca dan penulis bisa sampai ke titik yang sama sekali berlainan.

 BACA ONLINE Goenawan Mohamad
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments