Panduan Pendidikan Politik Bagi Pemilih Perempuan [Download pdf] - Solidaritas Perempuan


Judul Ebook : Panduan Pendidikan Politik Bagi Pemilih Perempuan

Tebal Ebook : 40 Halaman

Bahasa           : Indonesia

“Pilih Walikota dan Wakil Walikota yang peduli kepentingan Perempuan” merupakan tema pendidikan politik perempuan Solidaritas Perempuan untuk Pemilihan Walikota tahun 2013. Tema ini menegaskan bahwa Solidaritas Perempuan ingin mendorong banyak perempuan untuk memilih calon yang selain memahami masalah perempuan dan berpihak pada perempuan. Dan tentu saja memiliki gagasan, program dan kebijakan yang memperhatikan kepentingan dan kebutuhan perempuan, anak-anaknya, keluarganya dan komunitasnya. Bukan calon yang memiliki cara pandang patriarki (pandangan yang berorientasi pada laki-laki).

Pelajaran dari Pemilihan Walikota di berbagai tempat menunjukkan banyak calon
Walikota tidak memiliki program konkret untuk menangani masalah strategis perempuan, yaitu: (1) masalah kemiskinan dan pemiskinan yang makin menghancurkan keberlanjutan kehidupan, (2) korupsi yang sudah menggerogoti biaya kesejahteraan rakyat termasuk biaya kesejahteraan perempuan, (3) berbagai bentuk diskriminasi terhadap perempuan maupun kelompok-kelompok masyarakat lainnya, (4) berbagai bentuk kekerasan yang menghancurkan pluralisme dan menimbulkan rasa tidak aman bagi perempuan, (5) penegakan dan perlindungan hak azasi manusia dan hak-hak perempuan.

Hal ini mendorong munculnya kesadaran feminis di kalangan perempuan. Kesadaran feminis adalah kesadaran tentang situasi ketidakadilan yang bersumber pada relasi kuasa yang timpang antara laki-laki dan perempuan maupun relasi kuasa modal, budaya, ilmu pengetahuan, hukum dan politik yang tidak adil. Dalam hal ini, perempuan menilai bahwa momentum Pemilihan Walikota Makassar 2013 tentu saja bukan sekedar sebuah pesta yang haru dimeriahkan dengan dukungan suara kepa- da calon yang peduli pada kepentingan perempuan. Tetapi juga merupakan upaya memperkuat posisi politik untuk ikut menentukan keputusan apa saja yang berkaitan deng an dirinya sebagai perempuan, dengan kehidupan anak-anak, keluarga, komuni-
tas dan bangsanya. Memilih calon Walikota yang peduli kepentingan perempuan diharapkan akan membuka ruang yang lebih luas bagi tercapainya suatu tatanan masyarakat yang adil bagi perempuan. Sebuah tatanan yang membebaskan perempuan dari belenggu stereotyping, diskriminasi, marginalisasi, dominasi, kekerasan, dan beban berlipat.

Buku ini merupakan buku panduan yang diadaptasi dari buku panduan pendidi- kan politik pemilih perempuan yang digunakan pada kegiatan yang sama dalam pemilihan Walikota Makassar 18 September 2013.

 BACA ONLINE Solidaritas Perempuan
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments