Standar Aturan Perlindungan Perempuan [Download pdf] - Solidaritas Perempuan


Judul Ebook : Standar Aturan Perlindungan Perempuan

Tebal Ebook : 49 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Berangkat dari banyaknya persoalan di sektor kehutanan, mulai dari tata kelola yang buruk, kebijakan yang tumpang tindih, konflik lahan, bahkan hingga korupsi. Persoalan tersebut sangat mempengaruhi situasi politik, sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat, laki-laki dan perempuan. Perempuan dalam budaya partiarkhi, masih terbatas akses dan kontrolnya atas informasi dan pengambilan keputusan. Hal tersebut juga dialami oleh perempuan yang tinggal dan hidup disekitar hutan, dimana lemahnya akses terhadap informasi dan lemahnya keterlibatan perempuan dalam pengambilan keputusan, mengakibatkan hak-hak perempuan sering terabaikan.

Berbagai dampak yang dialami akibat konflik di sektor kehutanan, mulai dari intimidasi, kekerasan psikis dan fisik, penembakan, bahkan kriminalisasi terhadap masyarakat, termasuk perempuan, yang dilakukan oleh negara dan non negara terhadap mereka yang memperjuangkan haknya dalam mengelola dan memanfaatkan hasil hutan. Padahal hutan memiliki makna dalam kehidupan masyarakat, laki-laki dan perempuan, yang tinggal dan hidup disekitar hutan, baik masyarakat adat maupun masyarakat lokal.

Situasi tersebut potensi meningkat dengan kehadiran berbagai kebijakan proyek-proyek iklim, dimana belum tuntasnya persoalan konflik kehutanan, dapat menambah daftar panjang persoalan disektor kehutanan, baik konflik lahan, termasuk potensi menguat ketidakadilan gender bagi perempuan yang tinggal dan hidup disekitar wilayah hutan.

Standar aturan perlindungan perempuan ini disusun sebagai upaya untuk memastikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak perempuan dan keadilan gender dalam setiap kebijakan, program dan proyek iklim, dengan berdasarkan pengalaman, situasi dan pengetahuan perempuan yang tinggal dan hidup disekitar hutan, serta mengelola sumber daya hutan, termasuk perempuan adat.

 BACA ONLINE | Solidaritas Perempuan
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments