Burung - Burung Cakrawala [Download pdf] - Mochtar Pabotting


Judul Ebook : Burung - Burung Cakrawala

Tebal Ebook : 396 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Menurut Ayah aku lahir di desa pada Jumat malam tepat setelah Proklamasi Kememdekaan. Desaku bernama Barebba. Tanahnya subur, dialiri sungai, dikukuhkan gunung, dihampari sawah. Letaknya sekitar tiga kilometer di sebelah Barat Bulukumba-kota pantai di ujung paling Selatan Sulawesi Selatan, tempat perahu-perahu pinisi dibuat.

Di Barebbalah aku pertama kali belajar mereguk air, menghirup udara, dan berlumur tanah. Di kampungku kala itu ketiga unsur alam tersebut masih berada pada puncak kemurniannya. Sejak usia empat hingga tujuh tahun, itulah tempatku merayakan mandi di bawah pancuran atap di mus m hujan. Di situ pulalah aku tiap kali menaksir panorama pagi dan senja di langit, merekam komposisi flora dan fauna dengan ragam aroma dan suara yang semuanya masih asali-ketika pohonan mangga, jambu, pisang, sukun, delima, rumpun bambu, dan tiga pohon kelapa dekat rumah kami masih banyak dite-nggeri rupa-rupa jenis burung dan serangga, diramaikan dengan aneka siul serta cericit mereka terutama di pagi dan siang hari.

Di sepanjaag usiaku tujuh tahun pertama tumbuhlah percintaanku dengan bianglala dengan deru kristal Sungai, dengan bening bunyi tekukur, dengan bisik desau bambu, dan dengan riuh angin Barat.

Di ufuk Utara desaku tegak Gunung Lompobattang. Sungai besar bernama Bialo menyembur dari lereng-lerengnya dan mengalir membelah desa kami pada jejeran pohon-pohon besar dan rerumpun bambu betung di sepanjang rentang aliran Utara-Selatannya yang berkelok-kelok, menyusur hingga ke Bulukumba untuk akhirnya bermuara di Laut Makassar.

 BACA ONLINE Mochtar Pabotting
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments