Habis Galau Terbitlah Move On [Download pdf] - J. Sumardianta

Judul Ebook : Habis Galau Terbitlah Move On

Tebal Ebook : 296 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Keputusan Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar, dan Menengah untuk menghentikan dan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap Kurikulum 2013 telah menuai berbagai pendapat. Banyak pro dan kontra terkait hal itu. Mereka yang setuju antara lain berpendapat penerapan kurikulum tersebut terlalu terburu-buru dan tidak memerhatikan kesiapan guru serta sumber daya pendukungnya. Guru dibuat bingung. Akibatnya, kurikulum baru, namun rasa lama. Korbannya siapa lagi kalau bukan murid.

Sedangkan mereka yang tidak setuju, mencemaskan arah masa depan pendidikan di Negara ini. Menurut mereka, sesungguhnya Kurikulum 2013 lebih mengutamakan proses dari pada hasil akhir. Murid diajak berpikir kritis, menemukan, dan menarik kesimpulan dari proses tersebut. Tidak semata menghapalkan materi di buku teks.

Pendapat dan harapan terhadap Kurikulum 2013 ini juga yang menjadi perhatian penulis buku Habis Galau Terbitlah Move On ini, yang tidak lain merupakan guru di SMA De Britto Yogyakarta. Kurikulum 2013 disusun dalam rangka memanfaatkan momentum Negara ini yang sedang dalam kondisi bonus demografi, dimana penduduk produktif lebih dominan. Di masa emas ini lah perubahan harus dilakukan sebelum tenaga produktif menyusut. Maka, Kurikulum 2013 hendak mewujudkan manusia Indonesia yang unggul kompetensi  dan kreativitasnya (halaman 173)

Namun, sehebat apa pun kurikulum baru, supaya solutif dan produktif, harus bisa melepaskan diri dari urusan jual beli buku, administrasi sekolah, dan Ujian Nasional (UN). Di sini tampak penulis tidak hanya mengkritisi industri buku yang belum apa-apa sudah gencar menawarkan produk sesuai Kurikulum 2013, namun juga berusaha menggugah para guru sendiri yang tidak memiliki kreativitas dan sudah merasa nyaman dengan metode mengajar yang konvensional. Strategi mengajar masih mengagungkan hasil akhir, berputar pada metode ceramah dan terpusat pada pengerjaan berbagai latihan soal berpikir tingat rendah (halaman 175).

 BACA ONLINE J. Sumardianta
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments